telkomsel halo

Pertamina optimalkan LinkAja untuk transaksi cashless

09:57:09 | 29 Dec 2019
Pertamina optimalkan LinkAja untuk transaksi cashless
JAKARTA (IndoTelko) - PT Pertamina (Persero) berencana akan memperluas SPBU yang dapat menerima pembayaran nontunai atau cashless melalui aplikasi LinkAja pada 2020.

"Pembayaran melalui cashless sudah diimplementasikan sejak 2019, melalui aplikasi MyPertamina yang pembayarannya terintegrasi dengan LinkAja,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, belum lama ini.

Diungkapkannya, tujuan diterapkannya sistem nontunai ini antara lain untuk mengakomodir perubahan gaya hidup digital dari konsumen yang banyak menggunakan transaksi nontunai.

Untuk metode pembayaran nontunai dapat dilakukan untuk melakukan scan barcode yang telah diisi saldo LinkAja. “Di SPBU-SPBU sudah banyak yang bisa menerima cashless dengan scan barcode LinkAja,” katanya.  

Asal tahu saja, salah satu program Pertamina, yakni Berkah Energi Pertamina II ditujukan untuk menimbulkan masyarakat agar menggunakan sistem pembayaran nontunai yang akan terlaksana pada Januari 2020.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas’ud Khamid menyampaikan bahwa khusus pembeli Premium, Solar, Pertalite, dan seterusnya yang menggunakan LinkAja, maka pelanggan akan mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan produk menarik.

“Jika mereka dapat poin bukan karena beli literannya, tetapi mereka transaksinya menggunakan nontunai,” ujar Mas’ud belum lama ini.

Menurutnya, tindakan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan gerakan non tunai agar semua pembelian jadi lebih efisien. Informasi lebih lanjut Sementara itu, jika pengendara membutuhkan informasi terkait sistem pembayaran nontunai, dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

Informasi selengkapnya juga dapat dilihat dalam aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh melalui PlayStore atai AppStore. Sebelumnya, pembayaran cashless diketahui telah berlangsung sejak pertengahan 2018.

Saat itu, pembayaran cashless masih diterapkan di sebagian nozzle di SPBU. Adapun sistem pembayaran non tunai ini tidak memerlukan waktu terlalu lama. Sebab, metode pmbayarannya tidak perlu memasukkan kartu ke mesin.

Namun, cukup dengan memindai QR code yang terpasang pada nozzle dengan aplikasi LinkAja. Selain itu, penerapan sistem pembayaran non tunai disebut dapat mengurangi kecurangan petugas ataupun ketidakakuratan volume pengisian.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year