Induk usaha Kredivo dapat dana US$90 juta

08:20:31 | 05 Dec 2019
Induk usaha Kredivo dapat dana US$90 juta
JAKARTA (IndoTelko)  – FinAccel, induk usaha dari Kredivo, berhasil meraih pendanaan ekuitas Seri C sebesar US$ 90 juta untuk memperluas bisnis di Indonesia dan Asia Tenggara.

Pendanaan ini dipimpin oleh Asia Growth Fund (joint venture antara Mirae Asset dan Naver) serta Square Peg. Aksi korporasi ini berhasil meningkatkan total modal yang dihimpun perusahaan selama 2019 hingga mencapai lebih dari US$200 juta dalam bentuk lini kredit dan ekuitas. Dana dalam bentuk lini kredit berasal dari konsorsium pemberi pinjaman termasuk bank dan credit fund.

Putaran pendanaan Seri C yang telah selesai ini akan semakin mendorong momentum pertumbuhan Kredivo yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, termasuk keberhasilan bekerja sama dengan para pelaku e-commerce terbesar Indonesia dan nilai transaksi yang tumbuh lebih dari 300% per tahun dengan kualitas metrik resiko setara bank.

FinAccel berencana untuk memanfaatkan pendanaan tersebut untuk melipatgandakan pertumbuhan, merekrut SDM, dan memperluas jangkauan layanan keuangan yang didedikasikan untuk menciptakan generasi yang cerdas secara finansial di Indonesia dan Asia Tenggara. Investor lain yang berpartisipasi dalam penggalangan dana Seri C yang melebih target (oversubscribed) ini termasuk Singtel Innov8, TMI (Telkomsel Indonesia), Cathay Innovation, Kejora Intervest, Mirae Asset Securities, Reinventure, dan DST Partners.

“Kami menyambut gembira bergabungnya Mirae Asset dan Naver di babak baru pertumbuhan kami. Keahlian entrepreneurial yang mendalam dari kedua perusahaan di bidang layanan keuangan dan consumer internet memberikan dampak krusial bagi bisnis Kredivo yang berkecimpung di kedua ranah tersebut. Selain itu, kami juga sangat senang dengan adanya kesamaan visi antara FinAccel dengan para investor yaitu membangun layanan keuangan yang cepat, terjangkau, dan mudah diakses oleh jutaan pelanggan di kawasan Asia Tenggara,” kata CEO FinAccel Akshay Garg dalam keterangan kemarin.

Sejak didirikan lebih dari 3 tahun yang lalu, Kredivo telah mengevaluasi lebih dari 3 juta aplikasi pengguna, mencairkan hampir 30 juta pinjaman dan menciptakan salah satu platform pembayaran berbasis kredit terbesar untuk eCommerce di Indonesia.

Sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses ke layanan keuangan untuk kelas menengah yang berkembang pesat di Indonesia, FinAccel bertujuan melayani 10 juta pengguna dalam beberapa tahun ke depan melalui Kredivo dan layanan keuangan lainnya. Sementara itu, rencana jangka pendek mencakup peluncuran pinjaman berbunga rendah untuk pendidikan, layanan kesehatan dan keuangan Syariah serta kolaborasi dengan perbankan untuk pengembangan produk bersama.(wn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories