Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019

Huawei gandeng CSI garap pasar keuangan digital

05:22:28 | 23 Sep 2019
Huawei gandeng CSI garap pasar keuangan digital
telkomtelstra januari - maret
SHANGHAI (IndoTelko) - Huawei bermitra dengan Chinasoft International (CSI) untuk merilis Intelligent Financial Data Solution berdasarkan data lake terkonvergensi.

Solusi ini dirancang untuk membantu berbagai lembaga keuangan di Asia Tenggara dan negara-negara lain sehingga layanan keuangan mutakhir tanpa batas (boundless intelligent financial service) dapat diakses khalayak umum, sambil meningkatkan efisiensi bisnis serta menggerakkan inovasi.

"Transformasi dan perkembangan industri keuangan digerakkan oleh sejumlah teknologi terdepan, seperti Big Data, kecerdasan buatan (AI), dan blockchain. Upaya menciptakan layanan keuangan mutakhir tanpa batas, serta melaksanakan arsitektur dengan dukungan AI, bersifat terbuka dan terdistribusi, kelak dianggap penting bagi keberhasilan lembaga keuangan di masa depan," kata President, Financial Services Industry, Huawei Enterprise di ajang Huawei Connect 2019, pekan lalu.

Dijelaskannya, ketika bank berupaya untuk mewujudkan nilai tambah data, mereka biasanya menghadapi sederet tantangan termasuk banyaknya jenis data yang berasal dari berbagai kanal, kendala seputar analisis data yang terkonvergensi, serta buruknya pemanfaatan data.

Intelligent Financial Data Solution dari Huawei menawarkan solusi lengkap guna mengatasi berbagai tantangan tersebut dengan menyajikan tiga lapisan—infrastruktur data mutakhir, data lake terkonvergensi, serta dukungan data dan bisnis. Hal-hal ini memastikan akses data yang efisien, sehingga membantu kalangan perbankan dalam mencapai pemasaran presisi, pengendalian risiko secara seketika, dan kegiatan operasional yang gesit.

Intelligent Financial Data Solution buatan Huawei telah membantu beberapa lembaga keuangan di Tiongkok untuk menciptakan berbagai aplikasi inovatif berdasarkan skenario tertentu.

Misalnya, solusi ini membantu bank ritel terkemuka dalam melaksanakan pengendalian risiko yang canggih secara seketika, dan mencegah transaksi mencurigakan senilai lebih dari RMB 1 miliar per tahun.

Intelligent Financial Data Solution juga telah membantu sebuah perusahaan asuransi untuk mengidentifikasi kasus-kasus penipuan dengan canggih, mengurangi jumlah kasus tersebut sebesar 50% lebih.

Vice General Manager, Southeast Business Unit, Chinasoft International (CSI) Vincent Zhu menyatakan bahwa CSI telah bekerja sama dengan sebuah bank ternama di Asia Tenggara untuk menjalankan inovasi bersama, serta menguji banyak skenario penggunaan, seperti menghadirkan layanan canggih dan mewujudkan pengendalian risiko secara seketika. Proyek tersebut diperkirakan tersedia untuk penggunaan komersial pada 2019, dan menjadi tonggak penting bagi kolaborasi Huawei-CSI di industri keuangan Asia Tenggara.

"Kasus penggunaan komersial di Malaysia kelak menjadi rujukan penting bagi berbagai lembaga keuangan lainnya di Asia Tenggara. Selama tiga hingga lima tahun ke depan, Huawei dan CSI akan membantu berbagai perusahaan finansial di Asia Tenggara dalam menerapkan layanan keuangan canggih tanpa batas guna meningkatkan pengalaman pelanggan serta efisiensi bisnis, mempercepat berbagai peluang pertumbuhan dan menekan biaya. Di masa datang, bank akan semakin berfokus pada skenario keuangan canggih dengan dukungan penyedia layanan data dan data lake terkonvergensi. Era keuangan AI segera hadir," katanya

Ditambahkannya, tiga daya saing unik dari solusi bersama ini terletak pada keunggulannya dalam konvergensi, kemutakhiran, dan efisiensi. Solusi ini membantu bank untuk mengubah data lake terkonvergensi untuk sektor keuangan, dan mewujudkan analisis data yang lebih canggih serta hadir seketika, mempercepat konversi dari data hingga nilai tambah dan transformasi digital

Di masa depan, layanan keuangan tanpa batas akan melampaui ruang fisik bank dan menjangkau masyarakat di mana saja.

Misalnya, nilai pembayaran seluler di Tiongkok telah berkembang 36 kali lipat, dari RMB 1,674 miliar pada 2013, menjadi RMB 60,531 miliar pada 2018, dan berbagai layanan keuangan yang nyaman kini menjadi hal lazim.

telkom sigma
Berbagai layanan canggih akan menggantikan layanan keuangan yang mengutamakan pengalaman (experience-driven), menyajikan berbagai layanan yang mudah digunakan pelanggan sambil membantu bank dalam hal efisiensi operasional, pengendalian risiko, dan pengambilan keputusan. Industri perbankan Tiongkok telah mewujudkan persetujuan kredit selama 1 menit dengan menyatukan analisis Big Data dan penyelidikan kredit secara manual.(dn)

Telkom Smart City Nusantara
Artikel Terkait
telkom solution travel
More Stories
Telkom Smart City Nusantara
indihome IDN HUT Telkom 54