Futuria, Senjata Telkomsigma kenalkan budaya Indonesia di era 4.0

13:00:50 | 26 Jun 2019
Futuria, Senjata Telkomsigma kenalkan budaya Indonesia di era 4.0
JAKARTA (IndoTelko) - Telkomsigma merilis Futuria sebagai sarana untuk mengenalkan budaya Indonesia di era Industri  4.0.

“Futuria menjadi sebuah inovasi yang mampu memberikan edukasi kepada masyarakat luas mengenai budaya Indonesia dengan memanfaatkan sederet teknologi berbasis 4.0 yang seluruhnya diimplementasikan oleh Telkomsigma," ujar CEO Telkomsigma, Sihmirmo Adi dalam keterangan (26/6).

Futuria akan secara resmi dihadirkan dan diluncurkan bersamaan dengan gelaran event Jateng Fair 2019 yang diselenggarakan di Kompleks PRPP Semarang, Jawa Tengah, yang bertema “Glorious Borobudur”, dengan menawarkan inovasi desa wisata digital yang dipadukan dengan konsep local art & creative culture Indonesia. 

Futuria dikemas secara instagrammable dengan unsur kekinian ala milenial melalui berbagai teknologi untuk menyajikan the real digital experience melalui cara baru.

Arena Futuria menjadi salah satu terobosan dan kolaborasi berbagai perangkat otomasi berbasis teknologi 4.0 dapat dirasakan oleh pengunjung melalui pengalaman teknologi diantaranya Internet of Things (IoT), Augmented Reality yang dapat menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi dengan area desa wisata digital FUTURIA. Pada area blangkon room pengunjung mampu merasakan dan berkomunikasi dengan teknologi virtual assistance yang akan mengiringi pengunjung pada taman budaya Raden Saleh.

Instalasi seni digital yang disajikan Futuria menggambarkan suasana desa wisata dan seni masa depan melalui hadirnya gamelan play, teknologi virtual reality, yang akan membawa pengunjung pada nuansa desa digital. Secara kreatif, teknologi smart city juga dapat dirasakan pengunjung dengan aplikasi e-Fishery sebagai cara inovatif untuk melakukan budidaya ikan, juga pengairan tanaman melalui aplikasi e- hydroponic.

"Dengan menyasar segmen milenial kreatif, culture enthusiast, dan pengguna aktif media sosial, Futuria  didesain untuk menjadi wadah kreatifitas yang memiliki nilai budaya bagi masyarakat luas," katanya.

Ditambahkannya, kreasi digital experience melalui Futuria juga menjadi salah satu wujud realisasi Telkomsigma yang menegaskan peran Telkomsigma sebagai pilar digitalisasi TelkomGroup. 

Futuria juga menjadi salah satu upaya serius telkomsigma dalam memajukan digital entertainment di Indonesia, setelah resmi terdaftar sebagai anggota International Association of Amusement Park (IAAPA) sejak tahun 2018.(id)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories