Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Kominfo atur syarat teknis perangkat LPWA

07:07:21 | 19 May 2019
Kominfo atur syarat teknis perangkat LPWA
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menetapkan Regulasi Peraturan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Nomor 3 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi Low Power Wide Area (LPWA).

"Dalam rangka mendukung implementasi Internet of Things (IoT) di Indonesia, ditetapkan Peraturan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Nomor 3 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi Low Power Wide Area (LPWA). Teknologi telekomunikasi Low Power Wide Area merupakan salah satu teknologi dari beberapa pilihan teknologi yang dapat digunakan untuk IoT," papar PLT Kepala Humas Kominfo Ferdinandus Setu dalam rilisnya belum lama ini.

Peraturan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Nomor 3 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi Low Power Wide Area (LPWA) ditetapkan sebagai dasar hukum yang diperlukan untuk memenuhi amanat ketentuan Pasal 71 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi, setiap alat dan perangkat telekomunikasi yang dibuat, dirakit, dimasukkan untuk diperdagangkan dan/atau digunakan di wilayah Negara Republik Indonesia wajib memenuhi persyaratan teknis.

Peraturan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Nomor 3 Tahun 2019 tentang Persyaratan Teknis Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi Low Power Wide Area (LPWA) juga ditetapkan guna memenuhi amanat dari ketentuan Pasal 15 Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio Berdasarkan Izin Kelas yaitu persyaratan teknis alat dan/atau perangkat telekomunikasi yang menggunakan spektrum frekuensi radio berdasarkan Izin Kelas ditetapkan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika.

Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen) ini mengatur tentang alat dan/atau perangkat telekomunikasi low power wide area (LPWA) yaitu alat dan/atau perangkat berdaya pancar rendah dengan cakupan luas yang menyediakan komunikasi radio pada pita frekuensi radio tertentu.

Alat dan/atau Perangkat LPWA tersebut terdiri dari:

a. Alat dan/atau perangkat telekomunikasi low power wide area nonseluler yang persyaratan teknisnya tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Direktur Jenderal ini.

b. Alat dan/atau perangkat telekomunikasi low power wide area seluler yang persyaratan teknisnya tercantum dalam Lampiran II yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Direktur Jenderal ini.

Dalam Perdirjen ini, alat dan/atau perangkat telekomunikasi low power wide area wajib factory lock secara permanen agar hanya dapat beroperasi pada pita frekuensi radio yang ditetapkan.

Penilaian terhadap pemenuhan kewajiban setiap persyaratan teknis alat dan/atau perangkat telekomunikasi low power wide area yang diatur dalam Perdirjen ini dilaksanakan melalui sertifikasi alat dan/atau perangkat telekomunikasi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam Perdirjen ini juga diatur bahwa Direktur Jenderal melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap penggunaan alat dan/atau perangkat telekomunikasi low power wide area.

Dalam perdirjen ini, diatur alat dan/atau perangkat telekomunikasi low power wide area nonseluler yang menggunakan standar teknologi wideband dan/atau narrowband dan diatur pula untuk alat dan/atau perangkat telekomunikasi low power wide area seluler yang menggunakan standar teknologi Narrow Band Internet of Things (NB-IoT) dan/atau Long Term Evolution Machine (LTE-M).

Telkom Marketing 2
Persyaratan teknis yang diatur meliputi:
a. Persyaratan umum yang teridiri atas catu daya dan persyaratan radiasi non-pengion, persyaratan electrical safety dan persyaratan EMC, persyaratan operasional dan lokalisasi data.

b. Persyaratan konformitas yang terdiri atas frekuensi radio, daya pancar, lebar pita (bandwidth), duty cycle, maksimum spurious emission dan filter untuk alat dan/atau perangkat telekomunikasi low power wide area nonseluler.

Angkasa Pura 2
c. Persyaratan konformitas yang terdiri atas frekuensi radio, channel bandwidth, persyaratan pemancar dan persyaratan penerima untuk alat dan/atau perangkat telekomunikasi low power wide area seluler.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
pollingkabinetjokowi.jpeg
More Stories
telkom sigma