Moka siap bawa 30 ribu pengusaha wanita `Go Digital`

05:05:44 | 22 Mar 2019
Moka siap bawa 30 ribu pengusaha wanita
JAKARTA (IndoTelko) - Moka mengganden Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Pusat (IWAPI) untuk membawa lebih dari 30.000 pengusaha wanita di Indonesia "Go Digital".

Penandatanganan kerja sama ini diumumkan pada acara wadah edukasi pebisnis UMKM, A Cup of Moka (ACOM) edisi spesial ​International Woman’s Day, di Jakarta. 

"Dengan Moka selaku ​startup yang berfokus pada pengembangan UMKM, kami berharap dapat bersinergi untuk memberdayakan dan memperkuat kaum wanita di UMKM, terutama untuk mendapatkan akses ke teknologi baru, kemudahan pemasaran, dan keuangan,” jelas Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Ir. Nita Yudi, MBA.

Moka dan IWAPI menjalin kerja sama untuk memfasilitasi pelaku UMKM di bawah naungan IWAPI dalam dua lingkup utama, yaitu melalui produk Moka ​point of sales (POS) dan program edukasi bisnis kreatif.

Produk Moka POS yaitu pemanfaatan solusi operasional melalui teknologi real-timea​garpelakuusahsadapat​menjalankanbisnisnyasehari-haridenganlebihefisien, serta program edukasi bisnis kreatif yang akan berfokus untuk meningkatkan inovasi para womenpreneur​. ​

Program edukasi bisnis ini meliputi seminar ​successpreneur,​ yaitu seminar yang akan mengundang beberapa panelis sebagai sumber inspiratif, serta ​creative workshop yang menitikberatkan pada pelatihan praktikal langsung untuk keahlian berbisnis seperti sosial media dan ​digital branding untuk UMKM.

Selain itu, akan dilaksanakan juga program ​roadshow belajar langsung dengan merchant ​Moka ternama untuk mengetahui bagaimana cara mereka menangani bisnisnya mulai dari sisi strategi sampai dengan operasional.

Fokus kerja sama diantara kedua entitas ini berlandaskan pada kesamaan visi untuk memberikan dorongan berupa edukasi kepada pengusaha wanita agar terus berinovasi dan meningkatkan daya saingnya, terutama dengan mengandalkan teknologi.

Berdasarkan data World Bank, pengusaha wanita di Indonesia menyumbang 9,1% dari total PDB pada 2017 atau mampu menyumbang sampai dengan US$100 miliar. Kini, pengusaha wanita memiliki 43% dari total Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Moka bersama dengan IWAPI menargetkan akan memfasilitasi hingga lebih dari 3.000 womenpreneur di bawah naungan IWAPI skala nasional di sepanjang tahun 2019 ini.

VP Brand & Marketing Moka, Bayu Ramadhan menjelaskan bahwa kontribusi ​womenpreneur di Indonesia tidaklah kecil.

Menurut data IFC World Bank, walaupun waktu dan sumber daya wanita dalam berbisnis kadang terbatasi karena peran gandanya yang memiliki lebih dari satu tanggung jawab, jumlah pengusaha wanita (sebanyak 16%) lebih menghasilkan keuntungan bisnis yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria (14%).

“Kami di Moka percaya bahwa solusi teknologi dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengusaha wanita di Indonesia. Dengan menciptakan dukungan ekosistem yang sesuai untuk para womenpreneur melalui teknologi, tidak hanya bertahan, bisnis juga dapat terus berkembang dan bersaing seutuhnya,” ujarnya.(wn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories