telkomsel halo

Perbankan harus siap adopsi AI

03:15:37 | 04 Mar 2019
Perbankan harus siap adopsi AI
JAKARTA (IndoTelko) - Industri perbankan harus siap mengadopsi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk meningkatkan layanan ke nasabahnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengingatkan sebelum memasuki era revolusi industri 4.0 proses transaksi baik itu debet maupun kredit setiap nasabah mendapatkan notifikasi melalui SMS. Namun, ke depan, akan beralih menggunakan teknologi yang lebih canggih dan memudahkan nasabah dalam bertransaksi.

"Karena kebetulan dengan bank, Saya lagi baca yang Banking 4.0 jadi ini yang saya lihat kedepannya. Awal-awalnya bahkan sampai sekarang juga kalau kita ada transaksi debet atau kredit kita dapat notifikasi pakai SMS dari bank, tapi yang ini notifikasinya bukan hanya debet atau kredit tapi sudah pada transaksi dan tingkatkan lagi pada kontekstual notification," kata Rudiantara belum lama ini.

Menurutnya, perkembangan AI di Indonesia untuk saat ini dan kedepannya tidak akan berjalan tanpa didukung oleh konektivitas jaringan telekomunikasi yang berkecepatan tinggi dan adanya pemerataan di seluruh Indonesia. 

"Masalah konektivitas sebenarnya kita masih nomor 4 di Asean setelah Singapura, Malaysia dan Thailand. Kita tidak seperti Singapura yang mengembangkan fiber optic sangat mudah, dan untuk membangun telekomunikasi di Indonesia ini tidak mudah apalagi di daerah pegunungan seperti Papua, tapi kita (Kominfo) tidak menyerah untuk terus membangun," katanya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year