Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019

Telkomsigma perkuat data center dengan sertifikat Uptime Institute Tier IV Construction Facilities

14:08:00 | 18 Dec 2018
Telkomsigma perkuat data center dengan sertifikat Uptime Institute Tier IV Construction Facilities
CEO Telkomsigma, Iskriono Windiarjanto (kiri) menerima Sertifikat Uptime Institute Tier IV Construction Facilities dari Senior Director Business Development South Asia Uptime Institute, Patrick Chan di Jakarta, Selasa (18/12).(ist)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Telkomsigma memperkuat layanan data center dengan berhasil meraih Sertifikat Uptime Institute Tier IV Construction Facilities yang pertama di Indonesia.

Prestasi ini  melengkapi perolehan Sertifikat Tier IV Certification of Design Documents yang telah diperoleh sebelumnya, serta berhasil memperoleh sertifikasi Tier III Certification of Operational Sustainability tingkat gold pertama di ASEAN.

Sertifikat ini berhasil diperoleh karena keberadaan data center yang dilengkapi jalur distribusi ganda untuk pasokan listrik dan sistem pendingin yang selalu aktif dan berfungsi, sehingga menjamin keberlangsungan operasional layanan yang selalu siap-sedia untuk para klien Telkomsigma.

Nilai tambah tersebut dapat dinikmati oleh para klien data center Telkomsigma yang telah berstandar Tier IV. Terlebih pula, dengan standar ini semua perangkat data center tidak akan terpengaruh oleh downtime yang terjadi saat perawatan berkala, karena telah didukung oleh perangkat backup yang mampu bekerja secara otomatis dan sistem pendingin yang juga mampu bekerja tanpa henti.

"Ini persyaratan untuk mendapatkan sertifikatnya lumayan berat, tetapi akhirnya fasilitas data center Telkomsigma di Surabaya bisa mendapatkannya. Ini memperkuat posisi Telkomsigma di layanan data center terutama untuk critical sector," ungkap CEO Telkomsigma, Iskriono Windiarjanto, di Jakarta Selasa (18/12).

Audit yang dilakukan pada saat semua klien  dalam kondisi on pun membuktikan bahwa fasilitas yang  kami sediakan secara struktur dan infrastruktur telah dikategorikan sesuai oleh tim auditor, yang mana standar fasilitas yang ditetapkan oleh Uptime ini telah menjadi acuan bagi penyelenggara layanan data center di seluruh dunia,” ujar CEO Telkomsigma, Iskriono Windiarjanto.

Saat ini, Telkomsigma memiliki sejumlah data center skala enterprise, antara lain Tier IV Construction Facilities dan Tier III Certification Operational Sustainability (TCOS) Gold.

Layanan anak usaha Telkom ini telah dirancang sesuai dengan standar internasional Uptime Institute Tier III dan Tier IV, berikut konektivitas dari Telkom Indonesia yang telah memiliki reputasi di segala pelosok negeri.

Di Asia Tenggara, Telkomsigma telah mendapatkan pengakuan dari Uptime Institute sebagai Data Center pertama yang menerima sertifikasi Tier III Certification of Operational Sustainability dengan tingkat Gold, dan masih satu-satu nya data center yang memiliki sertifikasi ini di ASEAN, bahkan di Singapore pun belum ada data center yang memiliki sertifikasi ini.

Sertifikasi ini telah memperkuat kapabilitas data center Telkomsigma, membantu meningkatkan resiliensi, menjaga fungsionalitas Teknologi Informasi dan mendukung operasional yang efektif. Proses sertifikasi Tier telah memastikan seluruh operasional berjalan selaras dengan tujuan usaha dari organisasi dan ekspektasi ketersediaan.

SVP Business Data Center Telkomsigma Sukoco Halim mengatakan dengan dikantonginya sertifikat terbaru ini maka zona permainan dari Telkomsigma dalam menawarkan layanan data center sudah berubah.

"Kita tak bicara lagi soal Service Level Agreement (SLA) 99%, tetapi zero downtime service. Mindset yang kita bangun ke pelanggan sudah berubah," tukasnya.

Ditambahkannya dengan kehadiran sertifikat Uptime Institute Tier IV Construction Facilities maka Telkomsigma akan lebih mudah menggaet pemain global yang akan berinvestasi di Indonesia. "Banyak pemain cloud global mau masuk ke Indonesia, kita ada expertise tidak hanya di data center tetapi juga managed service. Ini keunggulan dari Telkomsigma," jelasnya.

Telkomsigma dipastikan berkomitmen dalam mendukung kebutuhan solusi ICT di era Revolusi Industri 4.0 ini, dan juga berkembangnya teknologi Edge Computing untuk kemajuan dunia usaha di Indonesia.

Pertama
Senior Director Business Development South Asia Uptime Institute, Patrick Chan mengungkapkan Telkomsigma adalah yang pertama di Indonesia yang meraih tingkat Sertifikasi Uptime Institute Tier IV Construction Facilities.

"Kami ikut bangga kepada Telkomsigma atas perhatian besar mereka dalam meningkatkan kualitas dan  tujuan dalam menyediakan nilai yang luar biasa untuk klien-kliennya,” ujarnya.

Angkasa Pura 2
Uptime Institute adalah organisasi yang memberikan sertifikasi dengan sistem tier-ing. Dimana standar yang ditetapkan oleh Uptime ini menjadi standar bagi pelaku bisnis data center di seluruh dunia. Mereka merupakan lembaga standardisasi pertama yang  mendefinisikan konsep Data Center Tier, sebagai acuan badan standarisasi lain seperti Telecommunications Industry Association.

telkom sigma
Uptime membagi sertifikasi Data Center tersebut menjadi 3 tahapan yaitu Tier Certification of Design Documents (TCDD), Tier Certification of Construction Facilities (TCCF) dan Tier Certification of Operational Sustainability (TCOS).(ad)

Telkom Smart City
Artikel Terkait
telkom solution travel
pollingkabinetjokowi.jpeg
More Stories
telkom smart city
indihome IDN HUT Telkom 54