Aplikasi ini bisa optimalkan ruang bagasi pesawat

13:07:44 | 27 Aug 2018
Aplikasi ini bisa optimalkan ruang bagasi pesawat
JAKARTA (IndoTelko) - PT Tips Inovasi Indonesia menghadirkan aplikasi TIPS guna mengoptimalkan utilisasi ruang bagasi penumpang penerbangan domestik untuk mengirimkan barang antar kota secara cepat dan aman, serta tiba di tujuan di hari yang sama.

Aplikasi ini bekerja sama dengan maskapai Citilink Indonesia untuk memastikan akurasi waktu pengiriman.
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama terkait pemanfaatan bagasi penumpang tersebut dilakukan oleh CEO PT TIPS Inovasi Indonesia Vincent Kusuma, Direktur Utama PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo, EGM Commercial Service Division PT Angkasa Pura II (Pesero) Dorma Manalu, Direktur Ultama PT Angkasa Pura Logistik Herry A. Y. Sikado, Direktur Utama PT. Angkasa Pura Kargo Denny Fikri, disaksikan oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi , Komisaris Utama TIPS Abdee Negara dan Devy W.A, Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Suradji induk perusahaan dari PT Angkasa Pura Logistik, belum lama ini.

Budi Karya mengatakan pemerintah terus mendukung dan menggalakkan setiap sistem yang dikembangkan oleh siapa saja dan bertujuan memudahkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Aplikasi TIPS ini membantu memudahkan dan mempercepat dalam pergerakan barang dari satu titik ke titik yang lain. Maka Kementerian Perhubungan sangat mendukung,” kata Budi.

Vincent Kusuma, mengutip data BPS 2016, setiap penumpang penerbangan domestik, memiliki jatah bagasi 15-20 kg. Faktanya, utilisasi ruang bagasi penumpang penerbangan domestik hanya mencapai 42%. Dengan kata lain, ada 58% ruang bagasi penumpang yang tidak terpakai.

Di sisi lain, pertumbuhan nilai transaksi eCommerce di Indonesia mencapai 78% per tahun, tertinggi di dunia saat ini, yang memunculkan kebutuhan jasa pengiriman sekitar 80 juta paket per bulan.

“Inilah yang menginspirasi TIPS untuk memanfaatkan jatah bagasi penumpang yang tidak terpakai untuk mengirimkan barang antar kota secara cepat dan aman, serta tiba di tujuan di hari yang sama,” katanya.

Dijelaskannya,  pola crowdshipping dengan keamanan berlapis oleh pihak otoritas bandara ini merupakan model bisnis yang pertama kali ada di dunia. “Semoga kehadiran TIPS bisa membawa manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tutupnya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories