telkomsel halo

MNEK didukung akses internet gratis

11:45:12 | 06 May 2018
MNEK didukung akses internet gratis
Rudiantara.(dok)
LOMBOK (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan ajang Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-3 tahun 2018 di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat didukung dengan akses internet gratis sebagai wujud kebijakan Pemerintah untuk membangun dengan perspektif Indonesia Sentris.

"Kami mendukung penuh kelancaran komunikasi dalam acara berskala internasional ini. Kementerian Kominfo telah menyediakan internet gratis yang bisa diakses hingga radius 60 km menggunakan jaringan Net1 dengan speed 100 MBps," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara seperti dikutip dari laman Kominfo (6/5).

Diungkapkannya, infrastruktur yang disiapkan antena untuk akses jaringan internet untuk 42 armada angkatan laut dari berbagai negara. Antena itu dipasang pada setiap kapal yang hadir guna memastikan agar setiap kawasan Acara MNEK 2018 mendapatkan akses atau koneksi internet yang lancar.

"Kami ingin agar seluruh peserta MNEK 2018 yang datang dari berbagai negara dapat merasakan lancarnya koneksi internet layaknya di negara-negara maju," ungkapnya.

Menurutnya, penyediaan akses internet untuk perhelatan MNEK 2018 merupakan bukti nyata hasil kebijakan keberpihakan Pemerintah Republik Indonesia yang memfokuskan pembangunan infrastruktur tidak hanya di Pulau Jawa melainkan merata di seluruh Indonesia, atau kebijakan Indonesia sentris.

"Khusus koneksi internet, Pemerintah ingin memastikan seluruh kota di Indonesia telah terhubung dengan backbone atau jaringan tulang punggung internet berkecepatan tinggi. Sejauh ini di Wilayah Barat Indonesia sudah beroperasi sepenuhnya. Bagian tengah telah mencapai 77% dan bagian timur sudah mencapai 44%. Akhir 2018 kami harapkan sudah selesai dan 2019 sudah bisa beroperasi," imbuhnya.

Sebanyak 36 negara ikut berpartisipasi dalam ajang latihan nonperang bertema cooperation to respons disaster and humanitarian issues (kerjasama dalam menanggulangi bencana dan masalah kemanusiaan).(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year