Smart city nusantara menjadi andalan di Sumbar

09:42:24 | 15 Jan 2018
Smart city nusantara menjadi andalan di Sumbar
PADANG (IndoTelko) – Platform smart city nusantara (SCN) yang dikembangkan Telkom menjadi andalan bagi pemerintah kabupaten di Sumatera Barat (Sumbar) untuk memberikan layanan publik bagi urang awak.

“DI Sumbar ini ada 19 kabupaten/kota, hanya tersisa tiga wilayah lagi yang belum adopsi smart city nusantara. Tahun ini kita akan buat di seluruh Sumbar adopsi SCN,” ungkap GM Witel Telkom Sumbar Sulkan kala ditemui di kantornya, belum lama ini.

Diungkapkannya, tiga kabupaten yang akan dibidik mengadopsi smart city  nusantara adalah Solok Selatan, Pasaman Barat, dan Pasaman Timur. “Untuk  Solok Selatan kita sudah ajak  mereka ke Living Lab Smart City Nusantara  di Jakarta guna melihat simulasi  solusi yang cocok bagi wilayahnya,” katanya.

Diharapkannya, solusi smart city nusantara di  Sumbar bisa maksimal seiring akan digelarnya jaringan kabel optik hingga tingkat Nagari atau desa.  

"Sekarang kan alur informasi berubah, dari desa data diunduh ke pusat untuk digitalisasi. Artinya Nagari di Sumbar ini akan Go Digital sesuai tuntutan dana desa. Apalagi kan di SCN ada solusi e-kelurahan juga," katanya.

Asal tahu saja, Telkom terus mengembangkan Program Smart City Nusantara yaitu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembangunan dan pengelolaan kota/daerah guna meningkatkan kinerja pemerintah daerah.

Penerapan konsep Smart City Nusantara dimaksudkan juga agar pemerintah daerah mampu memberikan pelayanan berkelanjutan, efektif serta dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan kehidupan masyarakat dan mengutamakan kearifan lokal.(dn)

Artikel Terkait