telkomsel halo

Kemenhub maksimalkan media sosial untuk saluran komunikasi

12:32:31 | 18 Dec 2017
Kemenhub maksimalkan media sosial untuk saluran komunikasi
Budi Karya Sumadi (dok)
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko)  - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) memanfaatkan saluran media sosial untuk sarana komunikasi dengan warganet.

“Diperlukan sosialisasi yang baik dan benar serta berkesinambungan ke semua pihak untuk ikut menjaga dan meningkatkan hasil positif yang sudah dicapai tersebut. Sosialisasi harus dilakukan dengan bermacam cara dan bermacam saluran komunikasi. Salah satunya lewat media sosial seperti media sosial @djpu151 yang dimiliki dan dikelola oleh Ditjen Perhubungan Udara,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan (18/12).

Menhub memberikan apresiasi positif terkait perkembangan sosial media @djpu 151 yang dikelola oleh Ditjen Perhubungan Udara dalam mendukung Kampanye Keselamatan Penerbangan. Media sosial @djpu151 terbukti telah mampu menjaring ribuan netizen sebagai Sobat Aviasi yang bisa ikut mengkampanyekan keselamatan penerbangan di masyarakat.

"Kita harus bekerjasama untuk kejayaan Indonesia. Saya minta semua stakeholder penerbangan maupun para netizen Sobat Aviasi selaku masyarakat untuk lebih meningkatkan kerjasamanya karena  mempertahankan apa yang sudah kita capai itu lebih sulit," ujarnya.

"Untuk para Netizen, mari kita lakukan kampanye bahwa Indonesia mampu lebih baik. Saya ajak teman-teman semua di sini untuk membuat sebuah konsep tentang hal-hal positif yang sudah kita capai lalu kita viralkan sehingga mempengaruhi persepsi di dalam negeri,  internasional dan dunia usaha bahwa Indonesia mampu bersaing di tingkat elite dunia," lanjut Menhub Budi Karya.

Selama rentang periode tahun 2017, pertumbuhan pengikut atau followers media sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Udara @djpu151 terus meningkat setiap bulannya. Tercatat hingga bulan desember ini telah mengumpulkan 32.252 pengikut  di Twitter, 27.713 pengikut di Facebook, 14.324 pengikut di Instagram dan 356 subscribers di YouTube.

Seperti diungkapkan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso,  tingkat impresi dan interaksi yang dihasilkan oleh akun media sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Udara ini juga terhitung tinggi. Tercatat, 23 juta impresi dan 622 ribu interaksi terjadi selama periode pengelolaan tahun 2017, dengan total 7.750 konten yang telah terpublikasikan.

Menurut Agus, konten yang disajikan dan dikemas secara menarik di @djpu151 selama ini berupa regulasi/ kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Perhubungan udara, pesan keselamatan, kamus penerbangan, kegiatan penerbangan hingga isu-isu maupun situasi  penerbangan yang terkini baik dalam bentuk tampilan narasi (story telling), infographis, slide moving, stop motion hingga video.

Bakti
Dari polling yang dilakukan, sebagian besar netizen setuju bahwa akun @djpu151 membuat mereka lebih mengerti aturan keselamatan dan keamanan penerbangan. Netizen juga menyukai konten-konten akun @djpu151, terutama konten yang memuat tips penerbangan dan pariwisata (lokasi dan akses) dan kedepannya mengharapkan akan lebih banyak lagi konten-konten serupa.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year