telkomsel halo

Aplikasi anti hoax dari Tim Cimol raih Asean ICT Awards

11:29:47 | 02 Dec 2017
Aplikasi anti hoax dari Tim Cimol raih Asean ICT Awards
JAKARTA (IndoTelko) -  Tim CIMOL, developer muda asal Institut Teknologi Bandung, Indonesia berhasil meraih penghargaan di ajang ASEAN ICT Award 2017 (AICTA).

Platform “Hoax Analyzer” dari Tim CIMOL yang masuk dalam kategori Research and Development (R&D) menempatkan “Hoax Analyser” mendapatkan penghargaan GOLD sebagai juara pertama untuk kategori R&D.

Tim Cimol terdiri dari Adinda Budi Kusuma Putra dan Feriyandi Nurdiantoro serta Tiffany. Pada ajang ini Tiffany tidah hadir karena sedang belajar paska sarjana di Jepang.

Dalam siaran pers Kominfo (1/12) dinyatakan Awards Gold kepada Tim Cimol ini sangat paripurna karena mendapatkan keunggulan 9 Juri dari 12 Juri yang memberikan penilaian. Peserta tahap final dalam kategori R&D diikuti oleh 3 Peserta dari 2 negara yaitu 1 peserta Indonesia dan 2 peserta Thailand, sehingga Awards Silver dan Bronze diberikan kepada 2 peserta Thailand.

AICTA merupakan inisiatif yang digagas oleh Menteri-Menteri Telekomunikasi se-ASEAN. Inisiatif ini sejalan dengan salah satu dari 6 langkah strategi ASEAN yang tercantum pada ASEAN ICT Masterplan (AIM) yaitu promosi, inovasi dan kerjasama antara pemerintah, pelaku usaha, masyarakat dan lembaga lainnya.  T

erdapat 6 kategori dalam kompetisi AICTA yaitu Public Sector, Private Sector, Coorporate Social Responsibility, Digital Content, Startup Company dan Research and Development. Pada tahun ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika mengirimkan 1 peserta yaitu Hoax Analyzer dari Tim CIMOL pada kategori Research and Development.

Dari 6 Kategori dalam AICTA dan setelah melalui proses penjurian final pada 30 November tersebut diperoleh pemenang Gold yaitu Kamboja mendapatkan 3 Gold, Indonesia 1 Gold, Singapura 1 Gold dan Laos 1 Gold.

Ajang final AICTA diikuti oleh peserta-peserta 6 Negara yaitu Indonesia, Kamboja, Laos, Singapura, Thailand dan Vietnam yang masuk sampai ke tahap final, sedangkan peserta-peserta 4 negara lain yaitu Brunei, Filipina, Malaysia dan Myanmar tidak masuk sampai ke tahap final. Peserta Indonesia yang Lolos sampai tahap final 1 Peserta Tim Cimol di antara 15 peserta Idonesia lainnya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year