Ini jawara Digicoop SGP di Bandung

05:10:09 | 18 Sep 2017
Ini jawara Digicoop SGP di Bandung
Para pemenang Digicoop Startup Grand Prix Bandung (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Koperasi Digital Indonesia Mandiri, Masyarakat Telematika Indonesia, Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) telah menyelesaikan kegiatan Digicoop Startup Grand Prix (Digicoop SGP) untuk wilayah Jawa Barat di Bandung, pada (16/9) lalu.

Kompetisi yang mengambil tempat di Bandung Digital Valley, Telkom Corporate University Jl. Gegerkalong Hilir No. 47 Bandung, diikuti sebanyak 39 Tim yang mendaftar melalui website www.startupgp.id.

Digicoop SGP kali ini kembali diadakan bersama Angkasa Pura 2 yang secara langsung menjadi proposition and challenge owner atas kategori BDO Airport Code Race. (Baca: SGP Code Race)

"Digicoop SGP diselenggarakan dalam rangka mendukung perkembangan aplikasi lokal dan kemajuan talenta digital tanah air melalui suatu challenge. Acara dilaksanakan melalui beberapa tahapan diantaranya sosialisasi, pendaftaran, prehackathon berupa tur eksklusif ke Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Grand Prix Day," ungkap Project Director Digicoop Startup Grand Prix Arki Rifazka dalam pesan singkatnya, kemarin.

Chief of Probis Digital Airport Angkasa Pura 2 Yosrizal Syam yang juga turut menjadi juri bagi para hacker mengatakan ide-ide dari para peserta begitu variatif dan belum terbayangkan sebelumnya.

"Peserta telah membawa ide tersebut dalam suatu prototype. Ini biasanya sudah bisa mendapat appraisal senilai Rp 120 juta," kata Manager Planning and Discovery Open Innovation Management Telkom Debora.

BDO Airport Code Race meminta peserta untuk menggunakan setidaknya satu dari Application Programming Interface (API) dari Angkasa Pura 2, dan memecahkan setidaknya satu dari tiga tantangan yang disajikan seputar perjalanan.

Setelah melalui proses penjurian terdapat tiga tim yang terpilih menjadi pemenang yaitu:
1. Hashstack sebagi Juara 1
2. Radya Playground sebagai Juara 2
3. Dhiva Coder sebagai Juara 3

Sedangkan pemenang Apps Pitching wilayah Jawa Barat yaitu:
- Pemenang 1: Deliversip
- Pemenang 2: Comrades
- Pemenang 3: Smartgoals
- Pemenang 4: Androwebhost - Pemenang 5: Sewa Lapang

Semua tim pemenang sekarang akan memasuki fase inkubasi untuk menguraikan lebih lanjut gagasan mereka, dan berpotensi mempresentasikan aplikasinya di depan Manajemen Angkasa Pura 2.

"Hackathon adalah contoh bagus tentang bagaimana kumpulan developer secara bersama- sama memikirkan solusi dan inovasi yang terbaik yang bisa diberikan, dengan memodernisasi berbagai aspek yang selama ini tidak tersentuh, tanpa melupakan standar-standar yang ada, dalam hal ini standar Angkasa Pura 2,”  ungkap Ketua Umum MASTEL Kristiono.

Direktur Utama Angkasa Pura 2 Muhammad Awaluddin menambahkan perseroan kembali menantikan partisipasi para developer di acara Airport Hackathon ketiga yang akan diselenggarakan di Medan dengan mengambil observasi di Bandara Internasional Kualanamu Tebing Tinggi, Sumatera Utara.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait