Telkom akan hadirkan modern city di Palembang

14:59:37 | 20 Aug 2017
Telkom akan hadirkan modern city di Palembang
S. Susatyo (dok)
MEDAN (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) akan menghadirkan infrastruktur telekomunikasi berbasis fiber optik bagi Kota Palembang guna mewujudkan modern city.

"Sumatera Selatan, khususnya Palembang akan kita kebut pembangunan infrastruktur telekomunikasinya mulai di sisi backbone hingga akses agar berbasis serat optik. Soalnya tahun depan di sana akan ada Asian Games 2018," ungkap Executive Vice President (EVP) Telkom Regional 1, S. Susatyo ketika ditemui IndoTelko belum lama ini.

Dikatakannya, alokasi dana cukup besar telah dipersiapkan untuk modernisasi jaringan Telkom di Palembang yang akan menjadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018 selain Jakarta.

“Bagi saya itu wajahnya Indonesia, Asian Games akan dihelat disana. Tahun berapa kita terakhir jadi tuan rumah?  Sudah lama sekali, tahun 1962,” katanya bersemangat.

Ditambahkannya, sebagai salah satu tuan rumah, Palembang harus tampil lengkap tak hanya sebatas venue olah raga, namun juga akses telekomunikasi.

"Palembang akan disulap sebagai modern city. Palembang itu kota nomor dua terbesar di Sumatera setelah Medan. Palembang akan lebih dulu terealisasi modern city-nya ketimbang Medan. Seluruh Sentral Telepon Otomat (STO) akan digarap.  Itu yang jadi konsentrasi saya sekarang,” ujarnya.

Target pembangunan tersebut menurut Satyo hingga akhir tahun.  “Kita usahakan dan kita kebut tahun ini. Karena di Palembang itu rencananya sesudah Desember itu sudah tidak boleh ada penggalian lagi,” paparnya.

Selain karena sebagai tuan rumah Asian Games, dipilihnya Sumatera Selatan untuk dikebut pembangunan infrastrukturnya lantaran Sumatera Selatan tertinggal ketimbang wilayah lainnya.  Dijelaskannya dua wilayah di Sumatera yang pertumbuhannya lambat adalah Sumatera Selatan dan Sumatera Barat.

Diakuinya, ada keterlambatan dalam pembangunan di dua wilayah tersebut. "Kalau pembangunan di wilayah-wilayah Sumatera ini selesai, akan melejit kontribusi ke pendapatan di tahun selanjutnya," pungkasnya.

Asal tahu saja, Telkom Modern City merupakan program modernisasi jaringan tembaga ke jaringan fiber optik yang dapat mendukung peningkatan kualitas layanan ICT.

Program ini bertujuan agar pelanggan dapat menikmati layanan yang lebih baik karena kualitas layanan berbasis fiber optik mampu menghadirkan performa yang jauh lebih baik bahkan hingga ke tahapan Internet of Things (IOT) seperti home security, office security, transportation system, hingga government system yang mendukung penerapan smart city.(sg)

Artikel Terkait