Data Aksara tawarkan solusi pembayaran via Powerhouse Network

07:44:46 | 01 Aug 2017
Data Aksara tawarkan solusi pembayaran via Powerhouse Network
Presdien Jokowi meresmikan kartu santri (dok)
CIKARANG (IndoTelko) – PT Data Aksara Matra sebagai pemilik dan penyedia platform Teknologi Kartu Santri (Pintar) mendukung program Pesantren Industri berbasis Digital dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Penerbitan kartu santri ini merupakan bagian dari rangkaian acara program Vokasi Industri dalam rangka membangun link & match industri dengan SMK termasuk Pesantren ini, dilangsungkan di Astra Otoparts Kawasan Industri Greenland, Internasional Industrial Center Cikarang Jawa Barat, Jumat lalu (28/07).

Hadir dan turut menyaksikan penandatanganan MOU tersebut adalah Presiden Joko Widodo, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Sedangkan, penandatanganan MOU sendiri dilakukan oleh pimpinan Ponpes Al-Ashriyyah Nurul Iman, Waheeda binti Abdul Rahman (Umi Waheeda), Direktur Utama BTN Maryono, dan Direktur Bisnis & Marketing PT.Data Aksara Matra Hasnil Fajri.

“Kartu ini terintegrasi dengan Mobile Fintech & e-Commerce untuk Pesantren yang bekerjasama dengan ponpes Nurul Iman sebagai pengguna dan BTN (Syariah) sebagai Bank Kustodi dan Kami, PT.Data Aksara Matra sebagai Pemilik dan Penyedia Platform Teknologi Kartu Santri (Pintar) yang terintegrasi dengan Mobile Fintech & E-Commerce dalam rangka mendukung program Pesantren Industri berbasis Digital dari Kementerian Perindustrian”, kata Direktur Bisnis & Marketing PT.Data Aksara Matra Hasnil Fajri, kemarin.

Kartu Santri dan Mobile Fintech & E-Commerce ini dilengkapi dengan fitur Cek Saldo, Transfer, Cash-In (Top-Up) dan Cash-Out, Platform ini didukung single platform Teknologi di namakan Powerhouse Network. Fitur lainnya yang jadi nilai lebih bagi Ponpes ini adalah adanya Fasilitas Chatting dan Map buatan Data Aksara yang dibuat  terintegrasi dengan Powerhouse Network. Jadi semua aktiftas Transaksi dan Administrasi di pesantren sudah Cashless dan menggunakan Kartu Santri (Chip Smart Card with O/S) dan Mobile Fintech.

Menurut Hasnil, Kartu Santri dan Mobile Fintech & E-Commerce yang terintegrasi dalam lingkungan Pondok Pesantren yang digunakan oleh Santri, Wali Santri maupun Mitra Ponpes ini, di Ponpes Nurul Iman merupakan Ponpes Industri pertama di Indonesia bahkan mungkin di dunia yang mengimplementasikan end-to end Digital Pesantren berbasis Digital Ekonomi.

Beberapa fungsi kartu santri ini antara lain : sebagai E-id, bisa digunakan untuk payment produk ponpes dan produk mitra dalam lingkungan ponpes baik via EDC (android NFC) ataupun vending Machine, juga bisa digunakan untuk kebutuhan absensi, kartu parkir, kartu debit dan lainnya.

Sedangkan fungsi Mobile Fintech & E-Commerce antara lain : untuk penjualan produk-produk ponpes dan mitra ponpes, media ibadah berupa infaq, waqaf, sodakoh, dan zakat, untuk pembayaran haji & umroh, untuk pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, telepon, air, hp, tv berbayar, BPJS Kesehatan dan juga pembelian tiket KA, pesawat, pulsa dan lain sebagainya.(sg)

Artikel Terkait