telkomsel halo

Rudiantara ungkap kiat sukses KPBU di Kominfo

10:48:54 | 27 Mar 2017
Rudiantara ungkap kiat sukses KPBU di Kominfo
Rudiantara (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) adalah salah satu lembaga yang sukses menerapkan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menggunakan model Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Biasanya pembangunan infrastruktur dilakukan  dengan dua pendekatan. Pertama pembangunan yang dilakukan oleh operator telekomunikasi dan kedua, pembangunan oleh pemerintah. Sedangkan model KPBU ini diterapkan dalam mega proyek Palapa Ring.

Proyek Palapa Ring adalah proyek yang untuk membangun infrastruktur ICT dimana pada tahun 2019 semua ibukota, kabupaten, kotamadya seluruh wilayah Indonesia harus punya akses broadband tanpa terkecuali. (Baca: Proyek Palapa Ring)

“Pemerintah sebagai policy maker dan regulator. Pemerintah bukan operator, jadi distrukturlah tidak dari APBN, tidak juga swasta masuk, diantaranya namanya Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU),” ungkap Menkominfo Rudiantara, belum lama ini.

Menurutnya, dengan mekanisme KPBU semua pihak memiliki kontribusi sesuai dengan peran masing-masing. “Pesan saya kepada teman-teman yang akan melakukan KPBU, jangan hanya memikirkan uangnya tapi memperhatikan penyerahan pengoperasian kepada pihak ketiga,” imbaunya.

Diingatkan pula pentingnya desain untuk memastikan kualitas program. “Yang harus kita perhatikan saat menerapkan KPBU adalah kita harus mempunyai quality designer, quality contractor, dan quality operator, bukan hanya quality dari sisi funding,” tambahnya.

Rudiantara mendorong para pejabat dari Kementerian maupun Kepala Daerah untuk menggunakan KPBU dalam membangun infrastruktur dengan tidak fokus hanya di daerah Jawa saja. “Jika itu feasible untuk swasta, berikan kepada swasta, jangan bebani APBN atau APBD. Kalau setengah-setengah bisa lakukan KPBU,”tutupnya.(wn)  

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year