Sentuhan digital bagi petani Indramayu

10:46:23 | 12 Mar 2017
Sentuhan digital bagi petani Indramayu
Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kiri) saat panen raya di Indramayu (Foto:KBUMN)
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) meluncurkan program pengembangan Rice Center sebagai upaya Digitalisasi Pertanian dan Budidaya Beras Premium di Balai Desa Mundu, Karangampel, Indramayu  yang merupakan salah satu sentra beras nasional.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno menjelaskan Rice Centre adalah salah satu sistem pertanian terintegrasi yang menyatukan berbagai fungsi untuk memberikan kepastian ketersediaan saprodi (sarana produksi pertanian), kawalan teknologi, serta pembelian gabah dengan harga tinggi (jaminan off taker hasil).

“Rice Centre akan dijalankan melalui sinergi BUMN dengan sejumlah perusahaan daerah di Indramayu. Kita harapkan nantinya para petani di Indramayu ini akan semakin sejahtera, dan produksinya juga meningkat,” katanya dalam keterangan resmi, kemarin.

Khusus untuk urusan digitalisasi bagi petani Indramayu diserahkan ke Telkom yang membangun   platform informasi terintegrasi.

Melalui platform ini petani dan BUMN terkait dapat mengakses data tunggal yang lengkap mulai dari masa pratanam hingga pascapanen. Platform ini menyediakan informasi terkait profil petani, jenis lahan pertanian, kebutuhan kredit usaha, asuransi sampai mobilisasi hasil panen.

Direktur Digital & Strategic Portofolio Telkom Indra Utoyo dalam paparannya menyatakan platform yang dibangun perseroan memberikan kemudahan petani indonesia mengelola proses dari pra-tanam, tanam, panen hingga pasca panen.

“Platform ini juga memberikan petani akses lebih luas ke sumber pembiayaan (perbankan dan non perbankan), memastikan suplai akan kebutuhan bibit serta pupuk, hingga marketplace untuk pemasaran produk pertanian,” kata Indra.

Pada kesempatan kali ini Telkom menyumbangkan fasilitas Broadband Learning Center (BLC). Telkom bersama PT. KAI juga melakukan penandatanganan kesepakatan MoU sebagai bentuk Sinergi BUMN.

Tak hanya Telkom,  sejumlah BUMN menyalurkan kepedulian sosial kepada masyarakat Indramayu. BUMN tersebut antara lain Pupuk Indonesia, Permodalan Nasional Madani, Kereta Api Indonesia, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, KBI, Pegadaian, Jasindo, Pelindo II, Bulog  dan Sang Hyang Seri. BUMN-BUMN ini memberikan bantuan berupa peralatan pertanian, serta bantuan beasiswa dan kemitraan dengan nilai total Rp 2,4 miliar.

Asal tahu saja, berbeda dengan beras pada umumnya, jenis beras yang akan dibudidayakan di Kabupaten Indramayu adalah jenis beras premium dengan nilai nutrisi yang lebih tinggi. Dengan demikian produk beras premium memiliki prospek pasar yang lebih baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani.(ak)

Artikel Terkait