AP II ingin pelanggan maksimalkan aplikasi Indonesia Airports

14:59:30 | 11 Dec 2016
AP II ingin pelanggan maksimalkan aplikasi Indonesia Airports
Muhammad Awaluddin (dok)
TANGERANG (IndoTelko)  – PT Angkasa Pura II (AP II) terus menambah fitur dari aplikasi Indonesia Airports agar pelanggan bisa nyaman selama masa angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

"Saya sarankan bagi mereka yang sering ke bandara-bandara dikelola oleh AP II (penumpang atau pengunjung) untuk mengunduh aplikasi Indonesia Airports. Apalagi di masa angkutan Natal dan tahun baru (Naru) ini, informasi yang akurat akan dibutuhkan agar efisien selama di Bandara," ungkap President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, kepada IndoTelko, Minggu (11/12).

AP II ingin pelanggan maksimalkan aplikasi Indonesia Airports

Diakuinya, aplikasi Indonesia Airports baru tersedia untuk pengguna smartphone berbasis Android dan konten serta fitur yang ada di dalamnya masih butuh perkembangan. (Baca: Aplikasi Bandara)

"Tetapi ada beberapa fitur yang sudah bisa membantu pengguna bandara seperti smart parking dan memantau informasi pesawat. Bagi penumpang yang melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, tak perlu pusing dengan kuota data,  kini dapat menikmati layanan konektivitas WiFi super cepat hingga 50 Mbps,” jelas Pria yang terlihat mulai beruban ini.
 
Kesiapan
Lebih lanjut dikatakannya, pada Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, sejumlah bandara di lingkungan AP II sudah beroperasi dengan terminal baru seperti Terminal 3 Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Terminal Baru Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, dan juga Terminal Baru Bandara Sultan Thaha Jambi yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI.

"Kami meyakini terminal-terminal baru ini akan berdampak positif dalam meningkatkan pelayanan khususnya dalam hal kapasitas daya tampung penumpang pada masa peak season seperti di akhir tahun," katanya.

Adapun pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru atau dari 22 Desember 2016 hingga 4 Januari 2017 diperkirakan pergerakan penumpang di 13 bandara di lingkungan AP II mencapai 4,18 juta penumpang atau meningkat sekitar 9% dibandingkan dengan rata-rata pergerakan di hari normal. Sedangkan, pergerakan pesawat diperkirakan naik 4,54% atau dari 28.220 pergerakan menjadi 29.502 pergerakan.

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, pergerakan penumpang diperkirakan mencapai 2,64 juta penumpang dengan pergerakan pesawat sebanyak 17.530 pergerakan.

Arus puncak sendiri diperkirakan pada 23 Desember 2016 sementara arus balik bertepatan pada Tahun Baru 1 Januari 2017. AP II menghimbau kepada para penumpang pesawat agar tiba lebih awal di bandara baik penerbangan domestik maupun internasional guna menghindari kepadatan di akses menuju bandara.

AP II ingin pelanggan maksimalkan aplikasi Indonesia Airports

Taman kecil di Terminal 3

AP II memprediksi jumlah pergerakan penumpang di seluruh bandara yang dikelola perusahaan atau sebanyak 13 bandara pada tahun 2016 ini diperkirakan akan mencapai 93 juta penumpang, tumbuh 11% dibandingkan tahun lalu, di mana pada tahun depan perseroan menargetkan jumlah tersebut akan menembus angka lebih dari 100 juta penumpang.

"Kami usahakan bagi pengguna bandara agar betah dan merasa suasana homy selama menunggu pesawat. Misal, di terminal 3 salah satunya ada fasilitas mini indoor garden," tutupnya.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait