Indosat optimistis bisa bicara banyak di IoT

09:09:34 | 16 Aug 2016
Indosat optimistis bisa bicara banyak di IoT
Hendra Sumiarsa menjelaskan solusi IoT ke pengunjung Asia IoT Business Platform (dok:ISAT)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Indosat Tbk (ISAT) atau Indosat Ooredoo optimistis bisa berkompetisi di era Internet of Things (IoT).

“IoT merupakan solusi dan konsep pengembangan konektivitas internet yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk menghasilkan keunggulan kompetitif bagi perusahaannya. Percayakan kepada Indosat untuk solusi dan koneksinya, kami sudah proven,” tegas Division Head M2M & IoT Solutions Indosat Ooredoo Hendra Sumiarsa, kemarin.

Diungkapkannya, saat ini dari sekitar 80,5 juta pelanggan yang dimiliki perseroan, sekitar 300 ribu di antaranya adalah pelanggan Machine to machine (M2M). Indosat pada akhir 2015 lalu memiliki sekitar 2.500 pelanggan korporasi maupun UKM.

“Kita tak mau lihat jumlah pengguna atau kartu SIM yang aktif, soalnya satu access point layanan IoT bisa terhubung ke 20 orang pengguna. Bagi kita yang penting adopsi dan awareness terhadap inovasi ini,” katanya.

Dikatakannya, Indosat akan lebih gencar menawarkan layanan M2M dan IoT ke sejumlah sektor usaha, seperti transportasi, utilitas, perbankan dan keuangan, smart city untuk pemerintahan, pertanian, perikanan, sampai peternakan.

Salah satu proyek besar yang kini sedang dijalani Indosat adalah mendukung aplikasi pemesanan taksi MyTrip yang merupakan hasil kemitraannya dengan PT Solusi Integrasi Transportasi Utama, selaku salah satu anak usaha Express Group di bidang teknologi.

Selain dapat memesan taksi, MyTrip dapat digunakan untuk memantau argo dan perjalanan realtime lantaran aplikasi tersebut terhubung dengan pintu taksi dan alat argo meter. Kabarnya, perusahaan telekomunikasi di Amerika dan Kanada menyatakan minat untuk menggelar layanan serupa.

Pada exhibition ‘Asia IoT Business Platform’ yang digelar di hotel JW. Marriot Jakarta 15–16 Agustus 2016 ini, Indosat Ooredoo Business menghadirkan berbagai solusi IoT untuk pelanggan bisnis, mulai dari jasa dasar IoT yaitu M2M Connectivity Platform (Managed Connectivity), Platform IoT sampai dengan solusi siap pakai seperti Vehicle Telematics, eMagic (enhance Managed IoT Connectivity), VMS (Vessel Monitoring System), Workforce Management, YOLO (You Only Live Once), dan MyTrip.

eMagic (enhance Managed IoT Connectivity) merupakan sebuah solusi M2M terbaru dan dirancang untuk memudahkan pelanggan dalam menghubungkan dan mengelola perangkat atau mesin dengan layanan full managed.

“Kami menyediakan solusi untuk menjawab permasalahan yang dihadapi pebisnis atau masyarakat.  Kami juga membuka lebar kemitraan dengan penyedia teknologi atau developer. Kami ingin menjadi mitra yang tepat bagi para pelanggan bisnis atau pelaku usaha yang ingin mengimplementasikan teknologi dalam upaya mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, mengeksplorasi berbagai peluang usaha, membantu transformasi digital perusahaan sambil tentunya menghadirkan pengalaman terbaik bagi para pelanggan mereka,” pungkasnya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories