Tri permudah pembayaran via potong pulsa dengan Fortumo

09:45:50 | 28 May 2016
Tri permudah pembayaran via potong pulsa dengan Fortumo
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) menggandeng penyedia layanan pembayaran mobile, Fortumo, untuk mempermudah pelanggannya melakukan transaksi digital melalui pola potong pulsa (carrier billing).

“Sekarang 55,5 juta pelanggan Tridengan mudah berlangganan atau membeli layanan digital dengan pulsanya, salah satunya pembelian atau berlangganan aplikasi HOOQ untuk konten streaming film, dan beragam konten digital lainnya,” kata Chief of Sales and Marketing Officer Hutchison 3 Indonesia Dolly Susanto, kemarin.

Pelanggan Tri cukup berlangganan aplikasi HOOQ seharga Rp 49.500 / 30 hari atau Rp 18.700 / 7 hari, pulsa pelanggan dapat digunakan untuk membayar biaya berlangganannya.

Vice President of Business Development & Carrier Relations Fortumo Siddarth Sahi mengatakan Indonesia adalah salah satu populasi digital terbesar dan paling cepat berkembang di Asia. Namun mayoritas penduduknya tidak dapat melakukan pembayaran secara online dikarenakan infastruktur bank yang masih terbatas.

“Operator di Indonesia memiliki kesempatan untuk dapat meraih pasar digital dan meningkatkan pendapatan dengan menghadirkan pembayaran untuk konten digital. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Hutchison 3 Indonesia dan menghubungkan pelanggan mereka ke perusahaan digital terkemuka di dunia, “katanya.

Indonesia memiliki 259 juta pengguna ponsel dan 55 juta pengguna smartphone, dan diperkirakan akan tumbuh 17% tahun ini. Pada saat yang sama hanya 4 juta orang yang memiliki kartu kredit. Ini menggambarkan banyak yang mengakses konten digital tetapi tidak mampu untuk membayarnya.

Operator layanan pembayaran memecahkan masalah ini dengan memungkinkan setiap pemilik ponsel dapat melakukan pembayaran.Hasilnya baik operator dan merchant dapat meningkatkan pembayaran dan pendapatan melalui tagihan operator.

Layanan pembayaran langsung memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan pembayaran melalui koneksi data dengan mengkonfirmasi pembelian dangan hanya satu kali klik saja diponsel mereka.

Pembayaran diproses tanpa ada informasi tambahan yang diperlukan dari pengguna yang menyediakan peningkatan konversi dibandingkan dengan metode pembayaran online lainnya. Platform layanan pembayaran online ini digunakan oleh toko aplikasi terkemuka (Google Play,Windows Phone Store),

Terdapat hampir 500 layanan digital lainnya yang berada di jaringan kemitraan Fortuma yang juga telah bermitra dengan Tri. Fortumo memunginkan untuk melakukan penagihan langsung kepada (direct carrier billing) lebih dari 350 operator mobile di lebih dari 90 negara di dunia.

Bagi operator, terhubung dengan  Fortumo memungkinan untuk mendapatkan pendapatan dari toko aplikasi terkemuka, game developers dan perusahaan media digital,  sementara Fortumo akan mengelola hal hal teknis, perpajakan, merchant on-boarding dan  aktivitas pasca peluncuran.

Didirikan pada tahun 2007, Fortumo berkantor di Estonia, San Francisco, Beijing, Delhi, Singapur dan Hanoi dan didukung oleh Intel Capital dan Greycroft Partners.(ak)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories