Pemerintah mulai program sejuta domain .id

13:26:35 | 21 May 2016
Pemerintah mulai program sejuta domain .id
Rudiantara (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akhirnya memulai program Sejuta Domain .id bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar bisa Goes Digital.
 
”Dengan momentum ini UKM bangkit untuk memafaatkan kemajuan teknologi digital dalam meningkatkan ekonominya,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara pada Acara Peluncuran Satu Juta Domain bagi UKMK di Surabaya, Jumat (20/5), seperti dilansir situs resmi Kemenkominfo.

Menurutnya, tidak mudah melakukan pengelolaan satu juta domain bagi UKMK. Dari sisi administrasi persoalan yang muncul adalah bagaimana mengurusnya, kemudian bagaimana memastikan penerima program adalah UKMK karena UKMK merupakan inti dari perekonomian Indonesia. “Kami menghitung untuk satu juta ini dulu nanti kalau melihat UKM bertambah, tidak ada masalah. Domain satu juta diberikan kepada UKM (dot).id dengan nama Nings,” jelasnya.

Menkominfo menekankan kepada para pelaku UKMK tentang hosting, yaitu agar berjualan produk tidak sekedar dibuatkan (dot).id namun juga harus memproses  gambar. Ada label dan juga informasinya dan bisa setiap saat bisa diakses masyarakat maupun yang ingin membeli.

“Hosting satu tahun diberikan dari Pemerintah adalah gratis dan saya senang Dinas Kominfo Jawa Timur akan membuat datacentre. Jadi, untuk wilayah Jawa Timur setelah setahun gratis hosting bisa dipiindahkan ke Infokom Jawa Timur,” papar Rudiantara. (Baca juga: Program Sejuta Domain .id)

Tahap pertama
Secara terpisah, Direktur e-Business Ditjen Aptika Kemenkominfo Azhar Hasyim kepada IndoTelko mengungkapkan pemerintah akan memilih pemain hosting yang berada di dalam negeri untuk menghemat bandwidth.

“Ada 14 penyedia hosting yang sudah terdaftar di eKatalog Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa Pemerintah (LKPP). Penyedia hosting tersebut sudah dipilih akhir tahun 2015 oleh tim bersama LKPP dan Kominfo. Jadi, pembayaran seewa hosting tidak perlu lagi melalui proses lelang,” kata Azhar dalam pesan singkatnya.

Diungkapkannya, tahun 2016 akan ada 350 ribu nama domain .id akan dilepas ke UKM agar Goes Digital dengan sasarn utama 20 Provinsi. “Untuk tahap sekarang sudah mulai fokus dulu di 4 Provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur sebanyak 20 ribu nama domain,” katanya.

Sekadar informasi, di Indonesia ada sekitar 57 juta pelaku usaha UMKM, dimana 50 juta diantaranya bergerak sebagai nelayan dan petani. Hanya 7 juta yang bermain di perdagangan. (baca juga: Kampung UKM Digital dari Telkom)

Program sejuta domain .id jika dilihat sekilas mirip dengan Kampung UKM Goes Digital milik Telkom yang telah ada di 120 lokasi. Terakhir, Telkom menggandeng Pusat Layanan Usaha Terpadu-Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) dalam rangka memaksimalkan kegiatan UKM Goes Digital. (Baca juga: Telkom gandeng PLUT UKM)

Sayangnya, untuk sejuta domain .id ini Kemenkominfo belum bersinergi dengan operator yang sahamnya dikuasai oleh negara itu.(id)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories