HelloSehat.com Kantongi Sertifikat HONCode

13:19:40 | 09 May 2016
HelloSehat.com Kantongi Sertifikat HONCode
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Portal media yang menyajikan informasi kesehatan, HelloSehat.com, berhasil meraih sertifikasi dari Health On the Net (HON).

HON adalah organisasi nonprofit yang didirikan di Jenewa, Swiss, pada 1995, oleh pakar-pakar medis dari 60 negara, yang bertujuan untuk memastikan akurasi informasi yang dimuat di website-website kesehatan di seluruh dunia. Website kesehatan terkemuka seperti WebMD.com, MayoClinic.com, EverydayHealth.com, semuanya memiliki sertifikat dari HON yang disebut HONCode, dan biasanya terpampang di bagian bawah halaman depan website tersebut.

Di Indonesia, HelloSehat.com adalah website pertama (dan saat ini satu-satunya) yang sudah memiliki sertifikat HONCode tersebut, yang menunjukkan bahwa informasi yang tercantum di HelloSehat sudah sesuai standar kesehatan internasional,” kata Editor in Chief HelloSehat.com, Lika Aprilia Samiadi, dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/5).

Diungkapkannya, proses audit oleh tim HON dilakukan selama kurang lebih satu bulan, di mana pakar medis dari berbagai negara memeriksa akurasi data dan sumber informasi yang digunakan di konten-konten HelloSehat. Pertengahan April lalu, HelloSehat.com dianggap memenuhi syarat sebagai website kesehatan terpercaya dan berhak menerima sertifikasi HONCode sekaligus tercantum di dalam daftar website dengan Certificate of Compliance.

HelloSehat adalah website yang baru saja diluncurkan pertengahan April lalu. HelloSehat adalah bagian dari Hello Health Group, perusahaan platform kesehatan yang pada 2015 lalu juga meluncurkan website HelloBacsi.com di Vietnam.

Berbeda dengan website kesehatan lain di Indonesia yang kebanyakan menawarkan konsultasi langsung dengan dokter, HelloSehat lebih bertujuan untuk membuat masyarakat Indonesia lebih peduli akan kesehatan, memotivasi mereka untuk mengunjungi tenaga medis (dokter, mantri, bidan, dll) baik untuk memeriksakan penyakit maupun sekadar check up, dan membekali mereka dengan informasi baik sebelum maupun setelah pemeriksaan. Informasi medis ini disajikan dalam ensiklopedia penyakit, obat-obatan, tes medis, hingga ensiklopedia operasi/bedah yang tersedia di HelloSehat.

“Kami berharap HelloSehat bukan hanya bisa membantu pembaca, tapi juga rekan-rekan media yang membutuhkan referensi kesehatan terpercaya, maupun yang membutuhkan sumber artikel kesehatan yang tidak menyesatkan. Bersama-sama kita bisa membuat Indonesia hidup lebih sehat, dan akhirnya, lebih bahagia,” katanya.(wn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories