Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
HUT RI ke 75

XL Berikan Pelatihan Digital Crafter Bagi Pengrajin Garut

04:54:35 | 03 Feb 2016
XL Berikan Pelatihan Digital Crafter Bagi Pengrajin Garut
Seremoni pelatihan digital dari XL (dok:XL)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
GARUT (IndoTelko) – Aksi PT XL Axiata Tbk (XL) dalam membawa pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Goes Digital kian agresif.

Menggandeng Dewan Kerajinan Nasional,  Elevenia, dan Bank BTPN, anak usaha Axiata ini melakukan pelatihan "digital crafter" kepada pengrajin di Kabupaten Garut, Jabar.

Hadir dalam acara pembukaan pelatihan antara lain Ketua Penggerak PKK Kab Garut., Diah Kurniasari, Ketua Bidang Promosi , Humas  dan Publikasi Dekranas, Triana Rudiantara, Manager Small Medium Enterprise (SME ) Accelerator XL Axiata, Laela Permata serta Chief Financial Officer (CFO) Elevania, Lila Nirmandari, di Garut, Selasa (2/2).

“Teknologi internet dan digital telah sedemikian maju dan menawarkan manfaat bagi upaya peningkatan nilai ekonomi produk asli rakyat, termasuk produk kerajinan. Sesuai dengan visi memajukan ekonomi digital Indonesia, kami sangat antusias ambil bagian dalam program pelatihan digital marketing bagi kawan-kawan pelaku industri kerajinan rakyat di Garut ini,” kata Vice President XL Central Region Bambang Parikesit dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Chief Financial Officer (CFO) Elevania, Lila Nirmandari mengungkapkan  sejak awal berdiri, Elevenia memang bertujuan untuk membantu para UKM agar mereka bisa Go Global dengan menjadi penjual on line.

“Selain secara aktif bekerjasama dengan kementrian koperasi dan asosiasi UKM yang ada, Elevenia juga menyediakan fasilitas pelatihan rutin lengkap dengan studio dan fotografernya. Fasilitas ini kami sebut dengan istilah “Seller Zone “ yang berlokasi di kantor Elevenia di kawasan Tanah Abang. Jadi, kerjasama dengan Dekranas adalah bagian dari jangka panjang kami,“ katanya.

Sementara itu, Ketua Bidang Promosi ,Humas dan Publikasi  Dekranas, Triana Rudiantara, menyatakan , Pelatihan yang digelar merupakan wujud kerjasama antara Dekranas, Dekranasda Garut, Elevenia dan Bank BTPN yang mejadi mitra pengrajin lokal .

“Diharapkan dengan pelatihan ini dapat memudahkan pengrajin Garut memasarkan prosuknua yang selanjutnya dapat diduplikasi pengrajin yang memiliki produk berkualitas di berbagai sentra kerajinan di seluruh tanah air, “ katanya.

Pada Oktober 2015 lalu, XL dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman pada tanggal 22 Oktober 2015 dalam pemanfaatan layanan internet dan digital. (Baca juga: XL Dukung UKM)

HUT RI ke 75
Kerjasama ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mengembangkan kerajinan hasil usaha para perajin Indonesia. Layanan internet dan digital dipandang perlu sebagai sarana yang strategis untuk promosi produk kerajinan nasional agar bisa lebih dikenal oleh pasar yang lebih luas, termasuk secara global.

telkom sigma
Pelatihan di Garut ini diikuti oleh sedikitnya 30 pengrajin yang terdiri dari sejumlah sektor kerajinan andalan Garut. Antara lain adalah pengrajin kulit, tenun sutra, batik, akar wangi, bambu, dan batu akik.(ak)

Smart City, satukan Negeri
Artikel Terkait
Kuota Ketengan