telkomsel halo

Wow, Telkom Dikabarkan Akuisisi GTA TeleGuam US$300 juta

11:58:48 | 13 Jun 2015
Wow, Telkom Dikabarkan Akuisisi GTA TeleGuam US$300 juta
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko)  - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dikabarkan merogoh kantong lumayan dalam untuk mengakuisisi AP Teleguam Holding Inc., perusahaan induk GTA Teleguam, melalui entitas anak usahanya Telekomunikasi Indonesia International USA Inc. (Telkom USA).

Dilansir Reuters (12/6), operator pelat merah ini harus mengeluarkan dana sekitar US$ 300 juta untuk mengempit sebagian saham dari  salah satu operator telekomunikasi dan televisi berbayar di Guam itu. Telkom masuk ke GTA Teleguam dengan membeli kepemilikan dari perusahaan ekuitas Jepang, Advantage Partners.

GTA akan menjadi bagian dari portofolio operasi internasional Telkom layaknya Telin Singapore, Telin Hong-Kong, Telkom Australia, Telkom Taiwan, Telkom USA, Telin Malaysia, Telkom Macau, Telin Timor-Leste, dan kantor cabang di Myanmar. (baca juga: Telkom Akuisisi TeleGuam)

Sebelumnya, dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI) Dirketur Wholesales dan Internasional Services Telkom Honesti Basyir mengungkapkan, salah satu sumber pendanaan dari aksi korporasi ini mengandalkan obligasi.
Transaksi ini sendiri masih memerlukan persetujuan dari beberapa otoritas di Guam dan Amerika Serikat (AS).

"Guam adalah pasar yang sangat menarik dan memiliki kesesuaian strategis untuk ekspansi internasional Telkom. Letak geografisnya strategis dengan PDB per kapita yang cukup besar di Asia, ditambah  dengan tingkat pendidikan yang baik serta telah mengadopsi teknologi telekomunikasi terkini baik fixed line maupun selular," jelas Honesti.

Penjajakan Telkom dan GTA telah berlangsung lebih dari satu tahun. Hal itu berawal dari kemitraan pada pengembangan sistem kabel bawah laut South East Asia United States (SEA-US). Kedua pihak merupakan bagian dari konsorsium dalam pembangunan peningkatan kapasitas seiring bertambahnya permintaan bandwidth antara Asia Tenggara dengan Amerika Utara.

President dan CEO GTA Robert Haulbrook sendiri menyatakan, setelah 10 tahun kepemilikan private-equity, perseroan meyakini waktu yang tepat bagi perusahaan untuk melakukan transisi menjadi sebuah perusahaan telekomunikasi internasional seperti Telkom.

Sejak privatisasi 2005, GTA telah berhasil berubah menjadi perusahaan yang berkembang dengan cepat dan memiliki reputasi sangat baik untuk bisnis fixed-line, seluler dan produk atau jasa internet.

Dalam catatan Reuters, Telkom telah mengeluarkan dana sekitar US$ 2,2 miliar untuk aksi merger dan akuisisi dalam memperkuat bisnisnya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year