telkomsel halo

Satelit Telkom 3S Diperkirakan Mengangkasa Kuartal IV 2016

05:47:06 | 20 May 2015
Satelit Telkom 3S Diperkirakan Mengangkasa Kuartal IV 2016
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) memperkirakan satelit Telkom 3S (Subtitute/Pengganti) akan mengangkasa pada kuartal keempat di 2016 mendatang.

“Perkiraannya pada kuartal keempat tahun 2016 satelit Telkom 3S sudah meluncur. Kita butuh satelit juga sebagai backbone selain serat optik. Sekitar 30% backbone masih ditopang satelit,” ungkap Direktur Jaringan Telkom Abdus Somad Arief, kemarin.

Diungkapkannya, jumlah transponder yang akan dibawa satelit Telkom 3S akan lebih banyak dari satelit Telkom 3 yang gagal masuk ke orbit beberapa tahun lalu. “Saya lupa persisnya jumlah transpondernya, tetapi lebih banyak karena teknologi dipakai lebih baru,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pada 2014 Telkom menunjuk Thales Aleniaspace untuk membangun perangkat telekomunikasi bagi satelit Telkom 3S. Perusahaan asal Perancis itu nantinya akan mengerjakan pembuatan transponder dan ground segment untuk satelit Telkom 3S. (Baca juga: Pemenang tender Satelit Telkom 3S)

Investasi dari satelit Telkom 3S membutuhkan dana sekitar US$ 200 juta- US$ 250 juta yang akan dipenuhi sebagian oleh kas internal dan pinjaman.  

Satelit Telkom 3S akan menggantikan satelit Telkom-3 yang gagal mencapai orbit pada Agustus 2012. Kala itu  satelit Telkom-3 diluncurkan oleh ISS-Reshetnev dengan perangkat komunikasi dibuat oleh Thales Aleniaspace. Investasi yang digelontorkan kala itu sekitar US$ 185 juta. (Baca juga: Peserta tender satelit Telkom 3S

Satelit Telkom 3S nantinya akan menempati slot orbit di di 118° BT.  Satelit ini dirancang untuk memenuhi meningkatnya permintaan peralatan transmisi dalam pengembangan layanan bisnis satelit Indonesia. Tender  satelit Telkom 3S sendiri dimulai pada akhir 2013.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year