telkomsel halo

Kemkominfo Percepat Proses Sertifikasi Kompetensi

10:34:10 | 03 Feb 2015
Kemkominfo Percepat Proses Sertifikasi Kompetensi
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Kementerian Ketenagakerjaan  akan mempercepat sertifikasi kompetensi tenaga kerja, dalam rangka menghadapi kesepakatan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

"Kemkominfo telah menyiapkan program prioritas untuk mempercepat proses sertifikasi, diantaranya fasilitasi penerapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), pelatihan dan sertifikasi berbasis standar kompetensi, pelatihan assesor, pelatihan instruktur dan fasilitasi pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP),” ungkap Menkominfo Rudiantara, kemarin.

Diungkapkannya, saat ini lembaga sertifikasi profesi LSP di bidang teknologi informasi dan komunikasi baru ada dua. Idealnya dibutuhkan 20 hingga 40 LSP.

Ditambahkannya, Kemkominfo juga akan memfasilitasi masyarakat industri dan profesi  dalam penyusunan dan penetapan 16 SKKNI di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Berdasarkan data 2004- 2014  terdapat 406 SKKNI yang terbagi dalam 9 Sektor kerja. Khusus di sektor perhubungan dan telekomunikasi  saat ini Indonesia telah memiliki  21 SKKNI yang terdiri dari 1 SKKNI di sektor perhubungan dan 20 SKKNI di bidang Telekomunikasi.

Proses sertifikasi di Indonesia sendiri akan dilakukan oleh Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP). Sementara itu Kementerian Tenaga Kerja akan menyiapkan standar-standar kompetensi yang dibutuhkan dalam menyambut MEA.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year