telkomsel halo

Kemenkominfo Terus Matangkan Badan Cyber Nasional

12:16:52 | 02 Jan 2015
Kemenkominfo Terus Matangkan Badan Cyber Nasional
Rudiantara (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku pihaknya bersama beberapa kementerian terkait, sedang dalam tahap pembahasan dan melibatkan beberapa kementerian untuk membentuk Badan Cyber Nasional (BCN).

“Pembentukan BCN tidak bisa hanya ditangani oleh satu kementerian saja. Kemkominfo  lebih banyak fokusnya ke infrastruktur. Kita harus bicara juga dengan kementerian yang lain. Saat ini sudah mulai dibicarakan, dikoordinir oleh Menkopolhukam, ujar Rudiantara di situs resmi instansi itu.

Dikatakannya, saat ini jangan diperdebatkan dulu  status dari BCN.“Berada di bawah apa, itu tidak penting. Yang penting, secara fungsional Badan tersebut jalan, katanya.

Ditegaskannya, jika BCN dibentuk, nantinya akan memiliki fungsi yang berbeda dengan Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID SIRTII).

“Keduanya akan saling melengkapi. Bagi saya, bagaimana merapikan, membuat yang ada ini menjadi pelengkap satu dengan yang lain agar efisien dan cepat,” tukasnya.

Sebelumnya, Kemenkopolhukam menyatakan niatnya untuk membuat Badan Cyber Nasional  ditengah kian derasnya adopsi TIK di masyarakat, terutama berkembangnya cloud computing sehingga membutuhkanperlindungan data di instansi-instansi strategis, sangat penting. Misalnya di industri telekomunikasi, energi, penerbangan udara dan perbankan.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year