telkomsel halo

Siasat Cyrus Menjadi Serius di Smartphone

08:38:22 | 12 Okt 2013
Siasat Cyrus Menjadi Serius di Smartphone
Ilustrasi (DOK)
 JAKARTA (IndoTelko) – Jika menyebut nama Cyrus, tentu akan lebih akrab dengan komputer tablet. Merek yang dibesut PT Mitra Komunikasi Nusantara ini sebagian besar produknya memang komputer tablet.

Tercatat, 70%-80% produknya adalah komputer tablet, hanya 20%-30% smartphone. Namun, melihat pasar di masa depan mengarah ke smartphone, maka perseroan pun mulai memberikan perhatian khusus ke perangkat ini.

"Kini kami telah memiliki empat seri ponsel pintar dengan target penjualan ratusan ribu unit,"  ungkap  Chief Marketing Officer  Mitra Komunikasi Nusantara Budiasto Kusuma, kemarin.

Terbaru, Cyrus melepas smartphone  Cyrus ChatPlus yang bermain di  harga Rp 1,5 juta hasil kolaborasi dengan Telkomsel. Pilihan ini diambil lantaran pangsa pasar di kelas ini paling banyak, mencapai 65% dari total pasar ponsel pintar.

Dijelaskannya,  Cyrus berusaha membuat inovasi baru dengan melihat karakteristik masyarakat Indonesia terhadap satu produk dan konten.

“Sebagai pemain lokal, pasar yang paling seksi adalah menengah bawah.  Soalnya, ponsel dengan harga premium sudah dikuasai pemain global.  Target kami tahun ini ponsel pintar Cyrus bisa ada di posisi 10 besar penjualan smartphone domestik," ujarnya.

Tambah Belanja
Diungkapkannya, pada tahun ini perseroan mengalokasikan mengalokasikan biaya belanja handset mencapai US$ 5 juta-US$ 7 juta. “Kami akan meningkatkan alokasi belanja modal untuk membeli produk smartphone pada 2014 sebesar 30%,” katanya.

Ditambahkannya, perseroan juga  akan mulai merakit sendiri produk handset pada kuartal II-2014 di Semarang. “Kami  telah menyiapkan lahan, dana, dan perizinan pabrik perakitan tersebut,” jelasnya tanpa menyebutkan secara detail informasi mengenai pendirian pabrik ini.
 
Terkait dengan penjualan komputer tablet, Budiasto mengatakan, tak akan melepas produk tersebut. Cyrus  memiliki 14 seri komputer tablet yang telah terjual  satu juta unit.
 
“Untuk tablet lokal, Cyrus berada di tiga besar. Tak mungkin kami lepas. Tahun ini kita targetkan naik 100% penjualan tablet,” katanya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year