telkomsel halo

BlackBerry Bangkit?

14:36:38 | 29 Mar 2013
BlackBerry Bangkit?
Ilustrasi (DOK)
JAKARTA (IndoTelko) – Dunia boleh saja mencibir dan memasang analisa pesimistis terhadap BlackBerry. Namun, perusahaan asal Kanada ini berhasil mementahkan semua prediksi tentang kinerjanya di kuartal pertama tahun ini.

Dari kinerja keuangannya untuk tahun fiskal kuartal IV 2013 terlihat hasil yang lumayan mengesankan diperoleh BlackBerry ditengah sejumlah tekanan yang tengah dideritanya.

Dikutip dari Telecompaper belum lama ini, pada periode tersebut pendapatan dari BlackBerry  mengalami pelambatan yakni hanya tumbuh  36% dari  47% di kuartal sebelumnya atau sebesar  US$  2.7 miliar setara Rp 27.18 triliun.

Angka ini masih lumayan karena banyak analis memprediksi sebelumnya pendapatan BlackBerry di periode itu akan anjlok.

Namun, pada periode tersebut BlackBerry hanya mampu mengapalkan 6 juta unit ponsel turun dari kuartal sebelumnya 6,9 juta unit. Hal yang menggembirakan, playbook pengapalannya naik dari 255 ribu unit di kuartal sebelumnya menjadi 370 ribu unit.

Begitu juga dengan penjualan dari BlackBerry Z10 yang diklaim laris satu juta unit. Alhasil, sekarang ada  76 juta pengguna BlackBerry turun dari 79 juta unit di kuartal sebelumnya.

BlackBerry berhasil mencatat keuntungan US$ 98 juta  setara Rp 951 miliar dari rugi  US$ 125 juta atau setara Rp 1.21 triliun.

Sayangnya, mulai bangkitnya BlackBerry tidak didukung oleh salah satu pendirinya,  Mike Lazaridis. Mike justru memilih meninggalkan perusahaan yang pernah dipimpinnya dan bekerja di Quantum Valley Investments.(ss)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year