telkomsel halo

700 Situs Telah Terdaftar di KlikIndonesia

16:10:23 | 17 Dec 2012
700 Situs Telah  Terdaftar di KlikIndonesia
Logo Klik Indonesia (Dok)
JAKARTA (indotelko) – Gerakan untuk memajukan konten local melalui Klik Indonesia direspons positif oleh para pemilik situs.
Ketua Umum Klik Indonesia Henri Kasyfi Soemartono mengungkapkan, kurang dari sepekan, sudah 700 situs konten internet Indonesia didaftarkan di KlikIndonesia.  
Konten-konten yang masuk mulai dari konten social media, forum, berita, games, blog, perusahaan, dan promosi.

"Gelombang gerakan KlikIndonesia ini tak bisa dihentikan," tegasnya melalui keterangan tertulis akhir pekan lalu.

Menurutnya,  dari animo masyarakat yang mendaftarkan secara sukarela ini, jelas bahwa semangat cinta tanah air, cinta Indonesia, dan nasionalisme masyarakat Indonesia terhadap kebangkitan konten internet Indonesia, tinggi sekali. "Ini bukti bahwa gerakan yang dibangun oleh komunitas lebih terasa manfaatnya dan mendapat respon positif," katanya.
 
Diakuinya, situs-situs yang mendaftar terdapat masih  meletakkan server di luar negeri, ada juga situs asing di bawah Facebook lolos dalam daftar. Namun demikian, ke depan akan dilakukan filterisasi.

"Saat ini sedang dalam penyusunan filterisasi dan pemeringkatan serta kategorisasi," katanya.

KlikIndonesia memang bukan koperasi, asosiasi, atau kumpulan pengusaha internet. Ini hanyalah kumpulan orang yang beda-beda latar belakang tapi memiliki kesamaan pandangan tentang konten internet Indonesia, yang selama ini salah kaprah bangga dengan konten asing dan ternyata menghabiskan nilai ekonomi yang luar biasa ke luar negeri sampai Rp1,5 triliun lebih tiap tahun.

Kumpulan ini hanya merupakan gerakan moral, untuk sama-sama menyadari bahwa konten Indonesia di internet itu sangat penting.
Masih banyak yang bisa dibangun dari konten-konten Indonesia, yang bersumber dari khasanah lokal Nusantara ini. Bukti bahwa banyak juga jagoan-jagoan konten Indonesia yang menjadi andalan pemain konten-konten asing.

Kalau pikiran dan kehebatan mereka dikorbankan untuk membantu konten Indonesia, maka akan lebih dahsyat dampaknya. Namun, tentu saja hal itu tak bisa dipaksakan, karena pengalaman di manca negara juga perlu. Toh, pada saatnya putra-putri terbaik bangsa akan tetap memikirkan kemajuan negaranya.

Dikatakannya, nantinya KlikIndonesia juga akan melakukan pemeringkatan konten yang berdasarkan pada pemakaian domain, pemanfaatkan infrastruktur, juga pendirian perusahaannya bila perlu.

Sebab, dengan memakai perusahaan Indonesia akan memberikan benefit yang luas pada negara dalam hal pajak dan menaikkan produk domestik bruto, memberikan lapangan pekerjaan.

Menggunakan domain Indonesia juga memberikan dampak kebanggan atas jatidiri bangsa. Sedangkan dengan membuat infrastruktur di dalam negeri, maka secara otomatis menghemat devisa. Selanjutnya, kalau semua konten nasional banyak diakses, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, maka trafik internet Indonesia akan tinggi sehingga posisi Indonesia dibanding Singapore atau Hongkong sekalipun bisa sejajar.

Selain itu, KlikIndonesia juga mengajak para pakar konten dan bisnis konten untuk bahu-membahu membuat kerjasama sinergis dalam upaya memberikan pelatihan konten ke berbagai daerah. Dengan pelatihan atau workshop intensif tersebut, maka diyakini akan lahir tidak hanya pengembang konten nasional tapi sekaligus pengusaha (entrepreneur) konten Indonesia yang akan melahirkan Mark Zuckeberg-Zuckeberg baru dari Indonesia.

Konten-konten yang bagus, nantinya selain akan menduduki peringkat yang bagus, oleh perkumpulan KlikIndonesia akan diberikan kesempatan untuk mengikuti pameran. Sehingga diharapkan dalam pameran tersebut, akan diketahui oleh masyarakat bagaimana latarbelakang dan cerita susahpayahnya membangun konten tersebut. "Bukan tidak mungkin mereka akan mendapatkan investor,"  kata  Henri.(ak)



Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year