Digitalisasi SDM ala Telkom layak diadopsi birokrasi

10:49:05 | 24 Jan 2018
Digitalisasi SDM ala Telkom layak diadopsi birokrasi

JAKARTA (IndoTelko) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (Kemenpan RB) menilai digitalisasi sumber daya manusia (SDM) yang dikembangkan Human Capital Management Telkom layak diadopsi di birokrasi.

“Jadi setelah dipaparkan oleh Pak Herdy (Chief Human Capital Officer/CHCO Telkom Herdy Harman), saya tak perlu komentar lagi konsep. Semua sistem sudah ada di sini. Kalau konsep Telkom dibawa, itu pun baru satu korporasi, ke kementerian, pemprov, dan pemkab, maka negara maju dan tak bisa dipandang sebelah mata,” kata Menpan RB Asman Abnur saat kunjungan ke Telkom Corporate University, kemarin.

Menurutnya, di banyak negara maju, pengelolaan sistem birokrasi menggunakan cara-cara korporasi. Posisinya yang berlatar pengusaha, sangat ideal untuk lakukan reformasi birokrasi. Sebab, kontribusi per unit harus terhitung sebagaimana ditekankan dalam konsep SDM PT Telkom.

Ditambah intruksi Presiden Jokowi dalam rapat kerja kabinet yang meminta semua Peraturan Menteri tak produktif lintas bidang untuk dihapus segera.  

“Bagaimana kami harus transformasikan, dan replikasi sistem di korporasi ini karena ASN kami ada 4,3 juta orang atau sama dengan jumlah penduduk satu negara Singapura,” katanya.

Asman menambahkan pihaknya juga mengapresiasi proses rekrutmen di Telkom yang beragam dan inovatif namun bisa mendapatkan talent terbaik. Hal yang penting karena dalam penerimaan PNS terakhir, pelamar mencapai 2,4 juta orang untuk lowongan 30 ribu-an posisi.

“Karenanya saya bersyukur bisa ditempatkan di kementerian ini. Karena bisa merombak negara dari people-nya. Saya harap Telkom mau berkolaborasi dengan kementerian kami dalam mereformasi sumber daya manusia,” pungkasnya.(ad)

Baca Juga:
Quote Of The Day
Herdy Harman
Rubrik ini diasuh oleh Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Herdy Rosadi Harman.

Herdy Rosadi Harman adalah Chief Human Capital Officer (CHCO) Telkom dari 2014 hingga sekarang.

Sebelumnya, Direktur Human Capital Management PT Telkomsel 2012-2014. Merupakan peraih dua magister, MBA dari Telkom University (1993) dan Master of Law American University, Washington, AS (1998).

Salah satu bukunya yang terkenal adalah Strongest by Best People: The Telkomsel Way & Transformasi Human Capital.

Pembaca bisa bertanya seputar pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di era transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.com.

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui microsite ini

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi

More Stories