Telkom berburu talenta berbakat di Forum IBD Expo 2017

11:31:56 | 24 Sep 2017
Telkom berburu talenta berbakat di Forum IBD Expo 2017
Herdy R Harman (dok)

JAKARTA (IndoTelko)  - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berburu talenta berbakat di ajang Indonesia Business and Development (IBD) Expo 2017.  

“Rekrutmen di IBD Expo 2017 ini akan masuk dalam program perekrutan bulan Oktober. Human Capital Management Telkom dalam setahun memiliki agenda perekrutan yaitu pada April dan Oktober,” ungkap Direktur Human Capital Management (HCM) Telkom Herdy R Harman usai menjadi pembicara di IBD Expo dalam sesi Talkshow BUMN Career Opportunity, kemarin.

Dikatakannya, Telkom akan  terus merekrut digital talent yang berbakat. “Seiring dengan jumlah karyawan yang pensiun. Dalam satu tahun kami merekrut 1.000 orang karena karyawan yang memasuki usia pensiun sejumlah 1.000 orang per tahun," kata Herdy yang juga merupakan Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Dikatakannya,  HCM Telkom dalam merekrut para talent-talent muda lebih menekankan pada kekuatan karakter, profesional competencies, digital leadership competencies dan collaborative. (Baca: Digital Talent)

Ditambahkannya, HCM Telkom juga memiliki cara baru untuk merekrut karyawan. Diantaranya dengan mendatangi kampus-kampus dan mencari mahasiswa yang memiliki karakter dan kreatif melalui lomba keratifitas untuk sosio digital. Dari forum tersebut, HCM memperoleh 75 orang talent kreatif, 11 diantaranya dari luar negeri. Dari ajang perekrutan kreatif tersebut, mereka kemudian dibawa ke Silicon Valley, dan mengunjungi Google.

HCM Telkom saat ini sedang melakukan perubahan paradigma SDM. Jika pada 2015, sekitar 85%  karyawan Telkom berusia di atas 45 tahun, saat ini kondisi tersebut berbalik dengan sekitar 85%  karyawan merupakan usia muda dan produktif.

HCM Telkom juga mengembangkan digital culture dengan smart building, yang mana fasilitas gedung Telkom dilengkapi dengan akses digital. Selain itu, terdapat pula bus karyawan dengan fasilitas digital di dalamnya.

"Kami tidak membebankan karyawan untuk datang pagi. Di bus, terdapat fasilitas digital sehingga mereka dapat bekerja di bus tersebut. Kami juga tidak menekankan karyawan untuk menggunakan seragam, mereka bebas yang penting produktif," ujarnya.

Lebih lanjut Herdy mengatakan, sebagai BUMN dengan target menjadi King Digital di Asia. Telkom ingin hadir sebagai perusahaan dengan fantastik perform, work-life integration, smart office, knowledge festival, health paradigma, culture festival, employee volunter program dan spiritual work.

"Kami mengutip Bapak Dirut Telkom, Alex J Sinaga. The main engine is not technology anymore but great people. Yang digarisbawahi great people," tutup Herdy.(id)

Baca Juga:
Quote Of The Day
Herdy Harman
Rubrik ini diasuh oleh Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Herdy Rosadi Harman.

Herdy Rosadi Harman adalah Chief Human Capital Officer (CHCO) Telkom dari 2014 hingga sekarang.

Sebelumnya, Direktur Human Capital Management PT Telkomsel 2012-2014. Merupakan peraih dua magister, MBA dari Telkom University (1993) dan Master of Law American University, Washington, AS (1998).

Salah satu bukunya yang terkenal adalah Strongest by Best People: The Telkomsel Way & Transformasi Human Capital.

Pembaca bisa bertanya seputar pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di era transformasi digital melalui email ke alamat Redaksi@IndoTelko.com.

Pengasuh akan menjawab setiap email yang masuk melalui microsite ini

Jangan lupa cantumkan alamat sesuai KTP dan nomor telepon yang bisa dihubungi

More Stories