Ini trend pembayaran digital di Indonesia tahun lalu ala Xendit

07:05:25 | 02 Feb 2024
Ini trend pembayaran digital di Indonesia tahun lalu ala Xendit
Xendit (ilustrasi)
JAKARTA (IndoTelko) - Xendit Group sebagai perusahaan fintech dan payment gateway terkemuka di Asia Tenggara baru-baru ini, memaparkan hasil pantauan terhadap tren pembayaran digital sepanjang tahun 2023. Xendit yang telah beroperasi di Indonesia, Filipina, dan Malaysia, menorehkan pencapaian yang signifikan dengan memproses lebih dari 320 juta transaksi untuk 6.000 merchants, dengan total nilai transaksi mencapai USD 25 miliar.

Ada beberapa informasi yang dihimpun terkait pola penggunaan layanan Xendit Group oleh merchant, yang dapat memberi gambaran secara menyeluruh mengenai tren pembayaran digital di Indonesia.

Virtual Account masih menjadi pilihan utama untuk menerima pembayaran di Indonesia

Statistik menunjukkan bahwa Virtual Account menjadi pilihan utama di antara metode pembayaran pada kategori Money-In di Indonesia. Virtual Account memberikan lebih dari 50% dari total volume pembayaran (TPV), mengalami pertumbuhan sebesar 7% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menggambarkan tingkat kepercayaan yang tinggi dalam penggunaan transfer bank dan virtual account di pasar Indonesia.

Sektor jasa tetap menjadi yang paling dominan dalam volume transaksi

Di antara merchant Xendit Group, sektor layanan mencatatkan frekuensi transaksi tertinggi (90 juta), dengan telekomunikasi seluler muncul sebagai kontributor utama pada pertumbuhan ini (pertumbuhan TPV sebanyak 3 kali lipat). Diikuti oleh layanan keuangan (70 juta) dan produk digital (30 juta).

Penggunaan kartu kredit mengalami pertumbuhan pesat

Terjadi peningkatan 4 kali lipat pada Total Payment Volume (TPV) kartu kredit, yang menggambarkan kepercayaan pasar yang semakin meningkat. Penyumbang utamanya adalah peningkatan penggunaan kartu kredit dalam sektor travel dan layanan hospitality.

Peningkatan penggunaan transaksi QRIS

Xendit melaporkan peningkatan 6% dalam transaksi QRIS, mencapai lebih dari 20 juta transaksi. Pertumbuhan ini sejalan dengan inisiatif Bank Indonesia untuk meningkatkan penggunaan QRIS dan mendorong inklusi ekonomi digital.

Sektor ritel dan produk digital menunjukkan pertumbuhan pesat

Sektor ini berhasil melipatgandakan pertumbuhannya jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Peningkatan ini merupakan bukti kemampuannya menghadapi perkembangan tren konsumen dan dinamika pasar.

Restoran, Travel, dan Layanan hospitality

Menjadi sektor yang menunjukkan kinerja paling baik. Sektor ini telah mencatatkan pertumbuhan jumlah transaksi sebesar 135% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Xendit Group Indonesia berhasil mempertahankan pertumbuhan tahunan sebesar 30% baik dalam jumlah transaksi maupun jumlah merchant aktif di Indonesia meskipun pertumbuhan teknologi regional tengah mengalami perlambatan. Xendit Indonesia telah melayani lebih dari 4.500 merchant langsung, ditambah sejumlah besar sub- merchant. Total Volume Pembayaran (TPV) mengalami pertumbuhan sebesar 5%, mencapai >IDR 300T.

Menurut Co-Founder dan COO Xendit Group, Tessa Wijaya, dalam lanskap fintech yang terus berkembang, Xendit Group menjadi salah satu pondasi pertumbuhan dan inovasi. Selain terus mengupayakan kemajuan digital dan ekonomi, Xendit menegaskan komitmennya untuk mendorong pertumbuhan positif. "Xendit tidak hanya bertujuan untuk mendukung infrastruktur pembayaran digital tetapi juga berkontribusi aktif pada inisiatif pemerintah untuk memperkuat pendidikan, perlindungan pengguna fintech, dan memajukan kolaborasi lintas sektor untuk membangun kepercayaan masyarakat dalam ekosistem ekonomi digital yang tangguh,” ujarnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Xendit berhasil mengembangkan bisnis ke beberapa negara dengan memanfaatkan pendanaan yang diperoleh. Perluasan bisnis ke Malaysia pada awal tahun 2023 adalah salah satu upaya Xendit untuk pengembangan bisnisnya di pasar Asia Tenggara. Upaya penetrasi dimulai pada tahun 2020 dengan ekspansi ke Filipina. Hasilnya, Xendit kini telah berkembang ke tiga negara Asia Tenggara: Indonesia, Filipina, dan Malaysia.

Peningkatan penerapan pembayaran digital membuka peluang positif untuk prospek bisnis Xendit di tahun 2024. Xendit optimis untuk berkontribusi aktif pada pertumbuhan ekonomi nasional di masa depan. Oleh karena itu, Xendit akan terus berupaya berpartisipasi aktif dalam program pemerintah dan regulator, asosiasi, UMKM, mitra, dan agenda nasional lainnya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Tahun ini, diawali dengan berpartisipasi dalam Working Group Kartu Kredit Indonesia Online Payment oleh Bank Indonesia dan ASPI untuk mempersiapkan peluncuran tokenisasi kartu virtual KKI. Lebih lanjut, meraih lisensi Kategori 1 dari Bank Indonesia, Xendit siap menyongsong pesatnya era transformasi digital.

Dengan perkiraan ekonomi digital Asia Tenggara mencapai US$360 miliar pada tahun 2025, industri fintech telah menjadi salah satu sektor yang menjanjikan. Xendit yakin saat ini telah berada pada posisi yang tepat untuk berkontribusi bagi bangsa dan meraih manfaat dari pertumbuhan ekonomi digital yang terus berkembang. (mas)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories