telkomsel halo

Ini prediksi cybersecurity F5 untuk 2024

07:36:00 | 01 Feb 2024
Ini prediksi cybersecurity F5 untuk 2024
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Setelah meninjau kembali lanskap keamanan siber tahun 2023, F5, penyedia solusi keamanan siber terdepan, berhasil memprediksi tren-tren signifikan secara akurat, memberikan wawasan berharga mengenai perkembangan lanskap ancaman digital.

Di awal tahun ini, F5 kembali membagikan prediksi dan proyeksi keamanan untuk tahun 2024, guna mengantisipasi kemunculan tantangan dan peluang baru dalam domain keamanan siber.

Prediksi keamanan siber dari F5 tahun 2023 mengungkapkan pemahaman yang mendalam mengenai ancaman yang muncul. Terutama, terdapat lebih dari sepertiga peningkatan kasus pelanggaran keamanan terkait Application Programming Interface (API) yang mencapai 22 kasus dan mengekspos lebih dari 120 juta data. Hal ini terjadi karena seperti masalah dalam cacatnya sistem otentikasi yang, otorisasi yang bermasalah, dan ketidaksesuaian dalam konfigurasi keamanan.

Tidak hanya itu, F5 juga dengan tepat memprediksi penurunan efektivitas Multi Factor Authentication (MFA) menghadapi metode serangan digital yang berkembang, sebagaimana terungkap dalam laporan Identity Threat F5..

F5 berbagi prediksi keamanan siber tahun ini. Berikut prediksinya :

1: Teknologi Artificial Intelligence (AI) Membuka Peluang Baru bagi Hacker

Para ahli dari F5 telah memprediksi bahwa AI generatif akan menjadi senjata utama bagi sindikat kejahatan terorganisir dalam menjalankan serangan phishing yang lebih canggih dan meyakinkan. Tafara Muwandi, Head of F5 Security Intelligence Center, mengungkapkan bahwa AI generatif akan digunakan untuk menyesuaikan pesan-pesan palsu dari bahasa asing sehingga menjadikannya lebih sulit dibedakan.

Dengan memanfaatkan informasi pribadi yang tersedia secara publik, metode ini diprediksi akan memperbesar skala dan keefektifan serangan phishing. Hal ini memberi indikasi bahwa phishing akan berkembang menjadi layanan yang lebih luas dan efisien, memengaruhi baik dalam skala maupun efisiensinya. Tidak hanya itu, negara-negara dan kelompok kejahatan diperkirakan akan menggunakan AIgeneratif untuk menyebarkan disinformasi dalam skala besar, kebanyakan manipulasi akan berkisar di peristiwa-peristiwa besar seperti pemilihan presiden Amerika Serikat dan Olimpiade di Paris.

Ancaman semakin meningkat dengan kemungkinan sindikat kejahatan menggunakan AI generatif untuk menciptakan akun-akun palsu yang sangat sulit dibedakan, dan memperluas jangkauan aktivitas ilegal mereka.

2: AI akan Memunculkan Celah Baru

Senior Threat Researcher F5 Labs, Malcolm Heath, memperingatkan tentang "Kebocoran Large Language Models (LLM)" yang akan terjadi, di mana otomatisasi yang tidak transparan dapat menyebabkan kebocoran besar informasi pribadi, teknik-teknik baru untuk akses tanpa izin, dan serangan penolakan layanan (denial os service attack). Selain itu, restorasi kode yang cepat oleh AI dapat menghasilkan celah kerentanan baru, karena para developer kesulitan untuk mengikuti pergerakan tersebut, sehingga meningkatkan resiko informasi perusahaan terpapar terhadap ancaman keamanan digital.

Cybersecurity Evangelist, Jim Downey, juga menambahkan bahwa tantangan bagi para developer kedepannya adalah harus semakin jeli untuk meninjau hasil coding yang dihasilkan secara cepat oleh AI, karena dapat menjadi tindakan preventif terhadap hasil coding generatif yang lemah untuk di manipulasi oleh hacker.

3: Kompleksitas Sistem Akan Memperumit Keamanan Digital

F5 memperkirakan akan ada lebih banyak serangan pada edge karena semakin populernya komputasi edge. Shahn Backer, Senior Solutions Architect F5, mengatakan bahwa 75% dari data perusahaan yang diproses di edge akan membuka peluang serangan siber lebih luas. Dengan kompleksitas komputasi di edge, muncul risiko terkait manipulasi fisik, kerentanan software, dan celah API yang perlu diwaspadai. Sementara itu, “Cybersecurity Poverty Matrix” memproyeksi tantangan besar bagi organisasi adalah memilih dan menerapkan kontrol keamanan, mengingat biaya dan kompleksitas yang terus meningkat dari solusi keamanan saat ini.

F5 telah berhasil memprediksi tren penting tahun 2023, menunjukkan dedikasi perusahaan untuk tetap menjadi yang terdepan dalam menghadapi ancaman keamanan siber yang terus berkembang. Menuju 2024, F5 mendorong para pelaku bisnis dan para profesional di bidang keamanan untuk mengambil inisiatif proaktif, menggunakan solusi inovatif demi menjaga ketahanan mereka menghadapi ancaman siber yang semakin kompleks. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year