telkomsel halo

OMRON perkenalkan mobile robot baru "MD-650"

05:09:03 | 27 Okt 2023
OMRON perkenalkan mobile robot baru &quotMD-650"
Omron Robot (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - OMRON Automation, penyedia solusi otomasi industri terkemuka, memperkenalkan mobile robot "MD-650" untuk memperkuat kontribusinya terhadap optimalisasi efisiensi transportasi dan penanganan material di lokasi produksi. Dengan memperluas jajaran mobile robot yang mendukung jangkauan muatan menengah (650 kg), OMRON bertujuan untuk mewujudkan kontrol terintegrasi dan otonom di berbagai lokasi produksi.

Selama beberapa tahun terakhir, pabrik dan tempat kerja memiliki cara yang lebih baik untuk menangani pekerjaan yang memiliki repetisi tinggi dan dilakukan secara manual. Kedua hal tersebut merupakan hal yang penting untuk diterapkan selain mengejar standar produktivitas dan kualitas yang lebih tinggi.

Pekerjaan transportasi antar-proses yang sering ditemukan di lokasi pabrik adalah pengangkutan secara berulang untuk benda-benda beratseperti bahan baku, produk setengah jadi, dan produk jadi. Proses ini selain membutuhkan peningkatan efisiensi juga menempatkan beban fisik yang berat pada pekerja. Misalnya, dalam industri otomotif, karena pengembangan sistem produksi yang memiliki jenis produk dengan beragam variasidan memiliki volume produksi yang rendah, tujuan penanganan material dan transportasi produk telah tersebar ke beberapa lokasi yang mengarah ke peningkatan beban kerja manual yang signifikan.



Hal ini penting untuk lokasi produksi yang kompleks di mana permintaan untuk otomatisasi transportasi sangat besar dan dinamis. Selain itu memiliki sistem manajemen yang khusus dan disesuaikan untuk setiap entitas atau proses operasional tertentu. Oleh karena itu, perlu untuk berinvestasi dalam sistem transportasi dan penanganan material untuk memastikan pengangkutan benda berat yang beragam secara efisien dan dapat mengoptimalkan alokasi sumber daya pengelolaan.

"MD-650" setara dengan pengangkutan beban menengah hingga 650kg, merupakan robot mobile yang masuk dalam kisaran muatan menengah dalam jajaran robot mobile dari OMRON dengan beban muatan 60 hingga 1500kg. Bertujuan untuk mewujudkan transportasi yang aman dan lancar, hal ini tidak hanya memungkinkan untuk memilih robot mobile yang paling cocok untuk transportasi di setiap proses dari jajaran produk OMRON, tetapi juga memungkinkan untuk membangun sistem untuk setiap robot mobile dengan kapasitas berat yang berbeda menggunakan teknologi perangkat lunak unik dari OMRON yaitu "OMRON Fleet Manager". 100 unit robot mobile dapat diintegrasikan dan dikontrol dalam satu sistem untuk mewujudkan optimalisasi transportasi di lokasi produksi.

Menurut Managing Director OMRON Asia Pasifik, Don Teng, OMRON, di Asia Pasifik, bertujuan untuk membuat terobosan lebih lanjut ke industri otomotif dan logistik dengan bantuan robot ini. "OMRON memegang posisi unggul di ranah solusi otomatisasi yang canggih, aman & gesit. MD-650 AMR dirancang untuk memenuhi standar keselamatan tertinggi sebagaimana diuraikan dalam pedoman ISO3691-4 internasional dan merupakan aset besar untuk memberdayakan produsen otomotif, penyedia solusi logistik, dan konsumen akhir mereka untuk mengatasi kompleksitas lingkungan yang menantang kompetitif dalam hal biaya yang disebabkan oleh banyak faktor seperti persaingan global, permintaan yang bervariasi, waktu pengiriman yang singkat, variasi produk yang tinggi, meningkatnya kompleksitas desain, elektrifikasi, kekurangan keterampilan, persyaratan peraturan dan kepatuhan, dan masih banyak lagi," jelasnya.

Berikut beberapa fitur andalannya :

1. Transportasi berkecepatan tinggi dan aman dicapai dengan kapasitas berat sedang, kecepatan transportasi tingkat atas, dan algoritma penghindaran rintangan yang unik.
Berdasarkan hasil implementasi, robot mobile dapat beroperasi dengan lancar bahkan di lorong sempit dengan kecepatan maksimum 2,2m / detik, fungsi navigasi canggih, dan algoritma penghindaran rintangan. Selain itu, dengan memperkenalkan baterai canggih dan teknologi pengisian daya, dapat beroperasi selama 8 jam dengan pengisian daya 30 menit.


2. Kontrol terintegrasi dari semua robot mobile menggunakan teknologi perangkat lunak yang unik


Kontrol real-time terhadap rute transfer terintegrasi dan urutan transfer hingga 100 robot mobile dengan muatan berbeda dapat dicapai dalam satu sistem. Melalui koordinasi tingkat tinggi dengan satu sistem, rute optimal dibangun secara real time bahkan untuk transportasi antar proses dengan kecepatan produksi yang berbeda, mewujudkan transportasi yang efisien dengan sedikit stagnasi.


3. Tingkat keamanan yang tinggi sesuai dengan standar internasional ISO3691-4

Robot ini dilengkapi dengan ISO3691-4 (didirikan pada tahun 2020), standar keselamatan terbaru untuk kendaraan berpemandu otomatis industri.

OMRON berupaya untuk bekerja pada pengembangan mobile robot yang aman dan berkualitas tinggi untuk berkontribusi mengurangi beban proses transportasi di berbagai industri. Perusahaan juga berupaya untuk memperkuat kontrol perangkat lunaknya yang unik untuk mewujudkan rute transportasi yang aman dan optimal di seluruh jenis industri. OMRON akan terus mewujudkan otomatisasi yang memaksimalkan nilai kemanusiaan dan menciptakan masa depan yang sejahtera bagi manusia, industri, dan bumi. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year