telkomsel halo

Kinerja Fortune Indonesia mulai pulih

05:20:44 | 21 Jun 2023
Kinerja Fortune Indonesia mulai pulih
JAKARTA (IndoTelko) PT Fortune Indonesia Tbk (FORU) melaporkan pemulihan dalam kinerja keuangan pada triwulan pertama (TW1) 2023. Pendapatan dari agensi komunikasi bernama Fortuna ini, mencapai Rp12,994 miliar di TW1 2023. Capaian tersebut menandakan bahwa emiten masih on track dan stabil dalam peta jalan pemulihan usahanya. Beberapa analisis keuangan dalam laporan keuangan Fortuna juga mengungkapkan buktinya.

Dalam kinerja pendapatan tiga tahun terakhirnya, Fortuna menunjukkan stabilitas usahanya. Tercatat pendapatan tahunan sebesar 47.065 miliar pada tahun 2021 dan 46,860 miliar pada tahun 2022. Ditambah dengan capaian terkini di TW1 2023 tersebut, Fortuna memeperlihatkan konsistensi positif dalam kinerja keuangannya.

Posisi aset perusahaan juga memperlihatkan capaian yang stabil sejak tahun buku 2021, dengan posisi terakhir Rp51,852 miliar di akhir TW1 2023. Capaian tersebut dinilai stabil jika dibandingkan dengan posisi di beberapa tahun sebelumnya. Pada 2021 sendiri, aset perusahaan mencapai 46,628 miliar, meningkat menjadi 51,171 miliar pada tahun 2022.

Di sisi lain, posisi liabilitas mencapai 15,286 miliar di akhir TW1 2023 dari 14,528 miliar di akhir tahun buku 2022. Meskipun terjadi penurunan kecil, posisi ekuitas juga cukup stabil, mencapai 36,566 miliar di akhir TW1 2023, dari 36,643 miliar di akhir tahun buku 2022. Posisi liabilitas dan ekuitas Fortuna masih tetap stabil dan menunjukkan stabilitasnya.

Beberapa rasio keuangan kunci seperti Current Ratio, Debt to Equity Ratio (DER), dan Debt to Asset Ratio (DAR) juga menunjukkan konsistensi yang baik dalam periode triwulan pertama 2023. Current Ratio perusahaan tetap stabil di angka 4,33 pada triwulan pertama 2023 dari 4,52 pada tahun buku 2022.

Demikian pula, DER tetap stabil di 0,42 pada TW1 2023 ini, dibandingkan dengan periode 2022 yang berada di kisaran 0,40. Stabilitas yang sama juga terlihat pada DAR yang berada di posisi 0,29 di periode triwulan pertama 2023, yang stabil jika dibandingkan dengan tahun buku 2022 yang mencapai 0,28.

Sebagai agensi komunikasi dan kreatif terkemuka di Indonesia, Fortuna berada di garis depan dalam merangkul inovasi dan adaptasi untuk memenuhi tuntutan yang terus berkembang di dunia bisnis. Di era di mana layanan konvensional tidak lagi cukup, Fortuna berkomitmen untuk menyediakan solusi bernilai tambah yang besar dan unik kepada kliennya.

Di tengah persaingan antara agensi yang terus meningkat, strategi usaha Fortuna mengarah pada penggabungan jaringan tidak hanya untuk memperluas jangkauan, tetapi juga untuk meningkatkan keahlian dalam menangani berbagai platform media dan teknologi. Fortuna mengakui pentingnya tetap berada di depan dengan terus meningkatkan kemampuannya dan memahami tren berbagai sektor industri terkini.

Chief Executive Officer Fortuna, Ratna Puspitasari menyatakan bahwa Fortuna semakin memahami dinamika kebutuhan klien dalam masa pemulihan ekonomi Indonesia yang masih dibayangi oleh tekanan resesi ekonomi Amerika Serikat dan berbagai wilayah dunia. Menurutnya, capaian positif perseroan didapatkan dari peningkatan kinerja usaha beberapa waktu terakhir dan perbaikan business model Fortuna yang dijalankan secara konsisten.

“Secara umum perseroan telah mencapai target kinerja yang telah ditetapkan di tengah situasi ekonomi yang belum sepenuhnya kondusif. Berbagai penguatan fondasi usaha konsultan, terus kami jalankan. Dikombinasikan dengan kekuatan SDM perusahaan yang mampu mengantisipasi dinamika semua sektor industri, kami masih memproyeksikan pendapatan perusahaan akan terus membaik ke depannya,” jelas wanita yang kerap dipanggil Sasa ini.

Fortuna terus berinovasi seiring dengan transformasi lanskap pasar usahanya, di mana telah menjadi norma baru untuk membangun tim kreatif internal (in-house) khususnya bagi perusahaan startup. Fortuna telah menyadari pergeseran ini sejak beberapa tahun terakhir, dan siap untuk memenuhi kebutuhan unik ke berbagai kliennya. Menurut Sasa, Fortuna akan terus menyediakan solusi kreatif komprehensif yang memberikan value added nyata bagi pasar dan mitranya.

Selain itu, investasi digital diproyeksikan akan makin melampaui iklan televisi komersial (TVC) di masa yang akan datang. Fortuna mengakomodasinya, dan mengembangkan strategi inovatif untuk memanfaatkan peluang yang luas di lanskap digital. Dengan memanfaatkan wawasan berbasis data dan teknologi terkini, Fortuna memaksimalkan jangkauan dan keterlibatan klien ke dalam ranah digital.

"Komitmen Fortuna terhadap keunggulan dan inovasi, membedakan kami di industri ini. Kami memahami kebutuhan yang terus berkembang dari klien-klien kami dan terus berkembang untuk memberikan solusi luar biasa yang mendorong kesuksesan mereka,” jelas Sasa.

Mengakui pentingnya performance marketing yang semakin berkembang, Fortuna memahami bahwa pemasar menghadapi tekanan berkelanjutan untuk memberikan dampak penjualan jangka pendek. Karenanya, Fortuna akan fokus dalam peta jalan pelayanan klien jangka panjang. Hal ini didedikasikan untuk membantu klien dalam mengalokasikan sumber daya secara efektif, mengimplementasikan strategi berorientasi kinerja, dan mencapai hasil optimal.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year