Electra siap bawa Travel Agent konvensional bersaing dengan OTA

14:13:22 | 20 Jul 2019
Electra siap bawa Travel Agent konvensional bersaing dengan OTA
JAKARTA (IndoTelko) - Sabre Travel Network Indonesia melalui unit usahanya meluncurkan platform marketplace dengan mengusung brand “Electra” yang bertujuan untuk mempermudah para pebisnis travel agent melayani pengguna jasa perjalanan korporasi maupun perorangan untuk pemesanan tiket penerbangan, hotel, tur, umroh, pariwisata, dan paket transportasil ainnya. 

Direktur Utama Sabre Travel Network Indonesia, Deny Fajar mengatakan platform “Electra” dibuat bermula dari banyaknya kendala yang dihadapi oleh para pelaku bisnis travel agent konvensional yang sulit bersaing dengan para pelaku bisnis online (Online Travel Agent/OTA) yang sudah terlebih dahulu eksis. 

Beberapa kendala yang dihadapi oleh para pelaku bisnis travel konvensional utamanya adalah dari lemahnya visi dan antisipasi strategis pelaku konvensional dalam menghadapi era digital,lalu ditambah dengan proses perizinan terhadap akses tiket online yang panjang dan rumit, termasuk sistem pembayarannya.

Selain itu masih juga diperlukan investasi yang besar untuk dapat membangun sendiri sebuah aplikasi online, dan juga kurangnya pemahaman terkait dengan pola kerja digital marketing itu sendiri.

Dikatakannya, Electra adalah booking engine yang berbasis pada platform ECommerce yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang diperlukan dalam traveling, seperti online payment, travel insurance, travel cash, hingga pay later berupa dukungan Bank Nasional terhadap kebutuhan pembiayaan yang diperlukan oleh travel agent terutama dalam mengelola klien korporasinya, semuanya sudah ditanamkan dalam satu platform.

Terobosan yang dilakukan“Electra”tidak hanya berhenti sampai disini, panjangnya proses perijinan untuk mendapatkan akses online, termasuk juga proses memperoleh fasilitas pembayaran online pun menjadi lebih sederhana dan cepat melalui “Electra”. 

Travel Agent yang mendaftar electra, maka secara otomatis akan mendapatkan domain website atas nama keagenannya sendiri dalam bentuk mobile apps yang bisa didownload melalui Google Play maupun AppleStore, untuk selanjutnya tinggal dilakukan proses aktivasi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, lalu mengisi deposit di akun virtual yang juga sudah tersedia guna melakukan transaksi booking dan issued tiket.

“Kami berharap dengan kehadiran dan kemudahan yang disediakan oleh “Electra” akan membuat para pelaku bisnis travel konvensional memiliki kesempatan dan energi baru guna mengembangkan usaha mereka lebih besar lagi," katanya.
  
Electra bekerjasama dengan IPaymu sebagai partner penyedia jasa online payment dan PT Bank Artha Graha Int’l Tbk sebagai penyedia jasa perbankan.

IPaymu menjadi solusi pelanggan untuk melakukan pembayaran secara online. Sementara PT Bank Arta GrahaInt’l Tbk menjadi solusi untuk Travel Cash dengan penggunaan kartu debit GPN. 

“Keuntungan dari mendaftar Electra bagi pelakubisnis travel adalah kepemilikan aplikasi online yang terkoneksi dengan seluruh airlines Domestik maupun Internasional, beserta fitur-fitur yang bermanfaat bagi konsumen secara instan, menggunakan identitas travel agent sendiri.(wn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories