telkomsel halo

BI pantau recovery anomali satelit Telkom 1

09:54:44 | 28 Aug 2017
BI pantau recovery anomali satelit Telkom 1
JAKARTA (IndoTelko) – Bank Indonesia (BI) terus memantau perkembangan pemulihan gangguan, dan terus berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga-lembaga terkait dampak Satelit Telkom 1 yang mengalami anomali pada hari Jumat (25/8) sekitar pukul 16.51 WIB.

“Sehubungan dengan adanya permasalahan layanan pada beberapa ATM bank yang terjadi sejak Jumat (25/8) sore akibat gangguan (anomali) pada satelit Telkom-1, bank-bank tersebut Bersama Telkom sedang melakukan upaya pemulihan dengan mengalihkan koneksi dari satelit yang terganggu ke satelit Telkom 3S ataupun satelit lainnya,” ungkap Direktur Ekskutif Departemen Komunikasi BI Agusman dalam keterangan resminya, (27/8).

Dikatakannya, Bank Indonesia sebagai otoritas Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah siap mendukung perbankan dalam melayani transfer dana masyarakat dengan memastikan bahwa sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) berjalan dengan normal. Untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai di masyarakat, Bank Indonesia mendukung ketersediaan uang tunai di Perbankan.

Sementara Deputi  Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara memastikan operasi bank-bank tetap berjalan lancar meski terjadi permasalahan layanan ATM sejak Jumat (25/8) sore akibat gangguan pada satelit Telkom-1.

Mirza juga memastikan Telkom telah berupaya mengatasi persoalan ini dan layanan sistem pembayaran tetap berjalan seperti biasa. "Telkom tentu melakukan effort maksimum untuk memindahkan jalur ke satelit baru," katanya.

Sebelumnya, Telkom mengungkapkan dampak anomali yang terjadi pada satelit Telkom 1 mulai berkurang pada pelanggan yang menggunakan transponder dari infrastruktur itu. (Baca: Anomali Telkom 1)

Satelit Telkom 1 mengalami anomali pada hari Jumat (25/8) sekitar pukul 16.51 WIB yang berakibat pada pergeseran pointing antena sehingga semua layanan transponder dari satelit itu terganggu.

Dampak yang dirasakan masyarakat adalah terjadinya gangguan di anjungan tunai mandiri (ATM) sejumlah perbankan yang menjadi pelanggan dari satelit Telkom 1.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year