telkomsel halo

Operasional BRI tak terpengaruh anomali satelit Telkom 1

15:11:47 | 27 Aug 2017
Operasional BRI tak terpengaruh anomali satelit Telkom 1
JAKARTA (IndoTelko) – PT Bank BRI Tbk (BBRI) memastikan operasional dan layanan kepada nasabahnya tak terganggu walau ada persitiwa anomali di satelit Telkom 1.

“Tak menganggu operasional dan tak terlalu berdampak (gangguan satelit Telkom 1). Kebanyakan Satelit Telkom 1 itu kita gunakan di remote area. Sekarang sedang dicarikan jaringan alternatif,” ungkap Direktur Teknologi dan Digital BRI Indra Utoyo dalam sambungan telepon, Minggu (27/8) sore.

Diperkirakannya ada sekitar 300 ATM, dan 130 kantor unit BRI yang terkena dampak. “Kita itu ada sekitar 24 ribu ATM, jadi  kecil sekali pengaruhnya,” katanya.

Dikatakannya, sekarang BRI tengah mempercepat batch migrasi terakhir dari ATM yang masih menggunakan Telkom 1 ke satelit BRISat.  

Sebelumnya, Telkom mengungkapkan pada hari Jumat (25/8) sekitar pukul 16.51 WIB telah terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena sehingga semua layanan transponder dari satelit itu terganggu.

Sebagai langkah antisipasi dan untuk kontinuitas kualitas layanan kepada pelanggan, Telkom saat ini melakukan recovery layanan transponder dengan mengalihkan sejumlah pelanggan ke transponder satelit Telkom 3S dan satelit lainnya.

Hingga berita ini diturunkan, proses recovery dari satelit Telkom 1 masih berlangsung.

Satelit Telkom 1 diluncurkan pada 13 Agustus 1999. Satelit tersebut diproduksi Lockhead Martin dari Amerika Serikat dan peluncurannya dilakukan oleh Arianespace dari Eropa. Satelit Telkom 1 memiliki kapasitas 24 transponder, dan beroperasi pada frekuensi C-Band. (Baca: Satelit Telkom-1)

Sementara BRIsat sendiri memiliki 45 transponder dan digunakan di lebih dari 8.800 unit kerja Bank BRI. Unit kerja tersebut telah memanfaatkan BRIsat sebagai jaringan komunikasi utama yang terhubung dengan Data Centre BRI.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year