telkomsel halo

Metrodata ajak mitra dari Vietnam garap potensi digitalisasi di Indonesia

08:48:30 | 22 Jan 2024
Metrodata ajak mitra dari Vietnam garap potensi digitalisasi di Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) - PT. Metrodata Electronics Tbk (MTDL) menggandeng perusahaan asal Vietnam, FPT Information System (FPT IS), untuk mengeksplorasi kemungkinan bersinergi dalam pembangunan solusi Digital Transformation kelas dunia, yang didukung oleh solusi Cloud, Data, dan Artificial Intelligence, guna menangkap peluang digital Indonesia yang terus berkembang.

Inisiatif ini menandai langkah penting menuju peningkatan kerjasama antara bisnis di kedua negara, khususnya dalam memajukan pengembangan teknologi digital, terutama di bidang Artificial Intelligence. Tujuan kolaborasi ini adalah mempersiapkan negara untuk tidak hanya memanfaatkan teknologi sebagai pengguna, tetapi juga melampaui peran konvensional sebagai pengguna teknologi, mengembangkan kapasitas dalam berkreasi dan berinovasi.

FPT IS dan Metrodata berkomitmen untuk memanfaatkan sumber daya dan keahlian maksimal mereka untuk secara efektif berinvestasi dan mendukung kemungkinan membentuk usaha patungan dalam waktu dekat. Tujuannya adalah menjadi penyedia solusi digital transformation terkemuka di Indonesia, memenuhi standar internasional, dalam waktu lima tahun ke depan.

Presiden Direktur Metrodata Susanto Djaja mengungkapkan, dalam kolaborasi ini, kedua perusahaan akan bersama-sama fokus untuk mempromosikan aplikasi berbasis Artificial Intelligence guna meningkatkan produktivitas dan mempercepat kemajuan menuju pencapaian tujuan 'Visi Indonesia 2045'.

"Tindakan strategis ini sejalan dengan komitmen kami untuk menjadikan teknologi sebagai mesin pertumbuhan dan mercusuar bagi pembangunan ekonomi digital berkelanjutan Indonesia. Kita dapat melihat dengan jelas bahwa ekonomi digital Indonesia menawarkan banyak peluang dan prospek, dengan proyeksi mencapai US$1,5 triliun, menyumbang 14% dari PDB. Terutama, infrastruktur Cloud dan peluang terkait Artificial Intelligence diharapkan akan berlipat ganda setiap lima tahun. Daya saing digital Indonesia telah meningkat drastis selama bertahun-tahun, terutama selama pandemi Covid-19, memberikan kesempatan bagi perusahaan teknologi seperti FPT IS dan Metrodata untuk berkontribusi dalam mempercepat pemulihan ekonomi,” jelasnya.

Chairman of FPT IS Tran Dang Hoa menekankan bahwa kolaborasi ini akan menjadi pondasi penting bagi kedua entitas untuk memanfaatkan potensi internal mereka, mengembangkan produk dan layanan teknologi, mencapai status "kelas dunia", dan menciptakan keuntungan pertumbuhan signifikan bagi bisnis.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year