telkomsel halo

Ini tips perjalanan hemat menggunakan Maxim

04:31:00 | 29 Dec 2023
Ini tips perjalanan hemat menggunakan Maxim
Foto : Ilustrasi
JAKARTA (IndoTelko) - Selama liburan akhir tahun, biaya transportasi online dapat berubah karena meningkatnya permintaan masyarakat terhadap layanan transportasi untuk menunjang aktivitas liburan seperti ke mall, tempat wisata, hingga berkunjung ke rumah kerabat. Bahkan pada musim liburan seperti saat ini, layanan e-hailing bisa dipesan lebih dari dua kali dibanding waktu biasa.

Liburan akhir tahun juga berdampak pada tingginya perjalanan dari dan menuju pusat transportasi publik seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, dan juga terminal bus. Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap layanan transportasi juga dikarenakan banyak pemilik mobil yang ingin waktu liburan mereka digunakan untuk bersantai tanpa harus mengemudi.

Maxim mencatat bahwa antara 24 Desember dan 2 Januari, permintaan perjalanan meningkat lebih dari 50%. Pada saat yang sama, pada jam-jam dengan permintaan tinggi, harga perjalanan bisa 1,5 - 2 kali lebih tinggi dari biasanya.

Hal ini disebabkan masuknya koefisien tambahan yang meningkatkan biaya perjalanan. Biaya tambahan tersebut memotivasi pengemudi untuk bekerja ketika orang lain sedang beristirahat dan memungkinkan semua penumpang untuk bepergian. Oleh karena itu, penumpang akan menghemat 30% hingga 50% biaya perjalanan jika memesan taksi online pada saat permintaan belum meningkat.

Tahun ini kebutuhan taksi online akan meningkat pada tanggal 30 Desember pada sore dan malam hari yang diperkirakan akan menyebabkan kenaikan harga. Diprediksi, puncak permintaan akan terjadi pada malam tanggal 31 Desember hingga pagi hari tanggal 1 Januari saat masyarakat merayakan Tahun Baru.

Karenanya pengguna dapat berangkat dengan harga biasa jika mencoba menghindari jam sibuk. Dengan kata lain, pengguna dapat memesan transportasi online dari Senin hingga Kamis, pada Jumat sore, dan setelah tanggal 2 Januari.

Di aplikasi Maxim, pengguna dapat menghitung biaya perjalanan sebenarnya di sepanjang rute yang dipilih. Bagi pengguna yang membutuhkan transportasi cepat, analis menyarankan untuk sedikit menaikkan harga perjalanan. Dengan cara ini perintah akan lebih menarik bagi pengemudi, yang berarti akan dieksekusi terlebih dahulu.

Maxim juga menyambut liburan tahun baru ini menampilkan tema musim dingin di dalam aplikasinya. Sekarang pengguna dapat memilih ikon aplikasi Tahun Baru, logo dengan topi Sinterklas, salju turun di layar, serta ucapan selamat muncul setelah perjalanan. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year