telkomsel halo

Telin dan UIB gelar pelatihan Hygiene & sanitasi bagi pengelola homestay di Batam

05:54:39 | 13 Dec 2023
Telin dan UIB gelar pelatihan Hygiene & sanitasi bagi pengelola homestay di Batam
Prosesi kegiatan (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Internasional atau Telin bersama Universitas Internasional Batam atau UIB menyelenggarakan kegiatan di Kampung Tua Nongsa, Kelurahan Sambau (Kampung Tua Teluk Mata Ikan, Bakau Serip, Kampung Terih, dan Nongsa Pantai) yang diikuti oleh 38 perempuan yang berada di 4 Kampung Tua Nongsa, Kelurahan Sambau-Batam.

Sebagai bagian dari pilar ESG (Environmental, Social, dan Governance), maka kegiatan ini diharapkan dapat menjadi awal sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat wilayah pesisir sehingga memiliki keterampilan tambahan untuk masa depan. Melalui pelatihan ini, masyarakat sekitar diharapkan dapat menjadikan Kampung Tua Nongsa sebagai daerah Kampung Wisata yang dapat memberikan keuntungan kembali dan menarik wisatawan untuk mengunjungi kampung wisata ini.

Kampung Tua Nongsa memiliki Potensi Wisata Alam dengan keragaman Flora dan Fauna, Konservasi Mangrove, Edukasi, serta wisata pantai, fokus pada layanan paket-paket wisata minat khusus untuk wisata alam, wisata budaya (Culture tourism dan Ecotourism), dll. Desa Wisata Kampung ini mengusung prinsip “Pariwisata Ramah” serta berpedoman pada Community Based Tourism, pemberdayaan masyarakat sekitar dalam pengelolaannya.

Layanan jasa pariwisata Desa Wisata Kampung Tua Nongsa difokuskan guna memenuhi minat terdalam wisatawan akan keindahan bentang Alam dengan segala fenomena estetika yang menarik dan unik, kegiatan sosial budaya masyarakat yang tergambar dalam sistem adat istiadat, pola kebudayaan, dan kearifan lokal serta ketertarikan wisatawan akan kehidupan masyarakat kampung/pedesaan di pesisir laut Nongsa kota Batam.

Dalam area tersebut dibangun berbagai fasilitas untuk menunjang wisata, seperti panggung kesenian dan budaya, Tracking Mangrove, restoran seafood, selfie area, toko cinderamata, toko sewa alat, serta dilengkapi panggung pertunjukan seni dan wifi area. Tak hanya fasilitas penunjang wisata, di sini pun dilengkapi dengan fasilitas penunjang kenyamanan wisata, seperti kamar mandi umum dan musholla.

Melihat potensinya, maka Telin bersama-sama dengan UIB membuat program berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas kebersihan fasilitas penunjang kenyamanan wisata, salah satunya dengan memberikan pelatihan Hygiene dan Sanitasi bagi pengelola Homestay Kampung Wisata Nongsa.

Menurut CEO Telin, Budi Satria Dharma Purba, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Natal dan Tahun Baru 2023 yang rutin dilaksanakan oleh Telin setiap dua periode dalam satu tahun, yaitu saat Natal dan Tahun Baru serta Ramadhan Idul Fitri di setiap kantor Network Area kami di Indonesia maupun global office Telin di luar Indonesia.

"Melalui pillar ESG #TelinforCommunity, kami berharap dapat terus memperkuat komitmen untuk meningkatkan kualitas hidup stakeholder kami dalam hal ini masyarakat pesisir terutama perempuan, melalui pelatihan yang berkelanjutan sehingga dapat memberikan keterampilan lebih untuk membantu memberikan tambahan penghasilan kepada keluarganya,” ujarnya.

Ekowisata di sini juga memiliki destinasi pantai pasir putih yang begitu elok, keberadaannya di pesisir laut daerah Nongsa, Batam membuat Ekowisata ini memiliki kelebihan pada view pemandangan yang menghadap langsung ke negara jiran yakni Singapore dan Malaysia. Ekowisata ini mengusung sajian wisata yang ramah dengan kelestarian hutan mangrove-nya yang diaktualisasikan pada paket wisata minat khusus yang berpedoman pada nilai-nilai kebermanfaatan alam, lingkungan, sosial masyarakat, dan pendidikan.

Hal ini dinilai sangat penting bagi keberlangsungan makhluk hidup di sekitar karena menjadi dasar pembentukan rantai makanan ekosistem laut, serta dapat mencegah terjadinya bencana dan abrasi pantai.

UIB sebagai perwakilan akademisi sangat mendukung berbagai program dalam mewujudkan UN-SDGs, khususnya pada program pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Kontribusi yang dilakukan UIB diantaranya adalah pendampingan dalam menyusun master plan pengembangan suatu wilayah (kelurahan/kecamatan), pendampingan dalam perbaikan tata kelola kelurahan, hingga pendampingan untuk peningkatan kapasitas SDM untuk pengembangan kampung wisata khususnya dalam kompetensi kewirausahaan, hospitality, atraksi, serta hygiene dan sanitasi.

Berbagai kegiatan yang telah diinisiasi sivitas akademika UIB untuk mengembangkan kampung wisata sangat didukung oleh mitra industri/DUDI, salah satunya adalah TELIN (PT Telekomunikasi Indonesia International) yang berkomitmen untuk memperkuat implementasi inisiatif ESG. Kegiatan hari ini difokuskan untuk Pemberdayaan Perempuan sebagai upaya peningkatan kualitas SDM melalui Pelatihan Hygiene & Sanitasi bagi Pengelola Homestay Kampung Wisata di Kampung Tua Nongsa - Kelurahan Sambau. Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan hygiene dan sanitasi homestay.

Sementara Rektor UIB, Dr. Iskandar Itan menambahkan, kegiatan ini merupakan hal yang penting dalam proses pengembangan kampung wisata yang berkelanjutan. "Pengelola homestay dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk menjaga kebersihan diri sendiri, kebersihan rumah/fasilitas homestay dan kebersihan lingkungan. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung/turis di kampung wisata,” jelasnya. (mas)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year