telkomsel halo

Bandara Soetta dianggap ramah bagi keluarga

08:42:00 | 08 Nov 2023
Bandara Soetta dianggap ramah bagi keluarga
JAKARTA (IndoTelko) - Lembaga asal San Francisco, AS, yakni The Family Vacation Guide sebagai penyedia informasi terpercaya untuk liburan keluarga, menyatakan Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat 8 di dunia dengan skor 9.08 dalam daftar The World’s Most Family-Friendly Airports 2023.

Metode penilaian yang diterapkan The Family Vacation Guide adalah dengan membuat daftar 77 bandara internasional terbesar di dunia, lalu menganalisis kualitas bandara bagi keluarga dengan melihat persentase ketepatan keberangkatan dan pembatalan penerbangan (data dari OAG.com), lalu ketersediaan WiFi unlimited, kemudian pilihan tempat makan dan beraktivitas bagi keluarga (dilihat juga dari Tripadvisor dan website bandara).

Berdasarkan metode itu, Bandara Soekarno-Hatta ditetapkan memiliki 92 tempat F&B bagi keluarga, menyediakan unlimited WiFi, dan keluarga dapat melakukan 45 aktivitas di bandara.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan Bandara Soekarno-Hatta berupaya menyediakan fasilitas bagi setiap segmen pelaku perjalanan, termasuk keluarga.

“Secara berkelanjutan, AP II terus meningkatkan standar pelayanan dan melengkapi fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta sehingga dapat menyediakan berbagai kebutuhan dari beragam segmen penumpang pesawat, mulai dari single traveler, pebisnis, hingga keluarga. Pelayanan dan fasilitas dilengkapi dengan keramahtamahan khas Indonesia yang penerapannya kami akselerasi melalui program Transformasi Bandara Soekarno-Hatta mulai November 2022. Kami bersyukur Bandara Soekarno-Hatta masuk dalam daftar bandara paling ramah keluarga 2023. Ini menjadi pemacu untuk terus meningkatkan pelayanan,” jelas Muhammad Awaluddin.

Fasilitas keluarga
Bandara Soekarno-Hatta sendiri memiliki beragam fasilitas bagi keluarga.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda mengatakan fasilitas disiapkan secara khusus dan gratis

“Fasilitas-fasilitas terus kami tambah secara berkelanjutan di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3. Kami berharap dapat menambah kesenangan keluarga saat bepergian,” ujar Dwi Ananda.

Fasilitas bagi keluarga di Bandara Soekarno-Hatta di antaranya: Game Station yang menyediakan konsol game dilengkapi dengan virtual reality bagi keluarga; kemudian Kid Zone dengan mini playground yang terdapat di sejumlah titik di terminal penumpang.

Di samping itu, Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki Tourism Activity Center di terminal penumpang yang dilengkapi virtual reality untuk keluarga menjelajah beragam destinasi wisata di Indonesia.

Fasilitas selanjutnya bagi keluarga adalah Reading Corner yang menyediakan berbagai jenis buku dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Bandara Soekarno-Hatta juga menyediakan jalur khusus (fast track) di area Security Check Point bagi penumpang lanjut usia atau keluarga yang membawa anak kecil.

Bagi keluarga yang ingin menunaikan ibadah bersama-sama, di Bandara Soekarno-Hatta terdapat ratusan musholla dengan dimensi luas di terminal penumpang. Selain itu, juga terdapat 6 masjid di kawasan bandara.

Fasilitas berikutnya adalah golf car gratis di Terminal 3 yang bisa digunakan satu keluarga secara bersama-sama untuk menuju boarding gate guna naik pesawat.

Terminal penumpang di Bandara Soekarno-Hatta juga menyiapkan nursery room yang dilengkapi sterilizer untuk menyimpan ASI serta area untuk mengganti popok. Nursery room ini dibuka 24 jam setiap harinya.

Netizen banyak memberikan ulasan positif atas fasilitas di nursery room ini. Seperti yang disampaikan salah satu akun di medsos X pada 28 Oktober 2023, di mana akun itu melalui teks dan video menyampaikan ruangan nursery room di Terminal 3 memiliki alat yang lengkap, bersih dan menunjukkan adanya private room bagi ibu dan anak.

Bagi keluarga yang bepergian dengan anak kecil, di terminal penumpang tersedia baby stroller agar lebih mudah dalam melakukan perjalanan.

Bandara Soekarno-Hatta juga menyediakan toilet bagi keluarga dengan dimensi yang luas dan dilengkapi fasilitas seperti meja mengganti popok serta pegangan (handle) bagi lanjut usia.

Toilet di Bandara Soekarno-Hatta juga mendapat apresiasi dari Asosiasi Toilet Indonesia (ATI).

Ketua ATI Naning Adiwoso mengatakan kondisi toilet di bandara-bandara AP II secara keseluruhan cukup baik dan petugas memahami tugas-tugasnya. Pada ASEAN Tourism Awards 2023, toilet di Bandara Soekarno-Hatta pun mendapat penghargaan The 2nd ASEAN Public Toilet Award. Bandara Soekarno-Hatta dilengkapi juga dengan TravelinPass guna mempermudah keluarga memproses keberangkatan, cukup menunjukkan wajah di autogate saat menuju boarding lounge.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year