telkomsel halo

BATIC 2023

Transformasi dan inovasi jadi strategi jitu di tengah evolusi teknologi digital

05:33:00 | 08 Sep 2023
Transformasi dan inovasi jadi strategi jitu di tengah evolusi teknologi digital
Batic 2022 (dok)
NUSA DUA (IndoTelko) - Komisaris Telkom Marcelino Pandin, Direktur Wholesale and International Services Telkom Bogi Witjaksono, dan Chief Executive Officer Telin Budi Satria Dharma Purba, resmi membuka acara Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) 2023 yang berlangsung di Mangupura Hall, Bali International Convention Center (BICC), The Westin Resort Nusa Dua, Bali pada Rabu lalu (6/9).

Mengusung tema "Unleashing the Innovation Wave, Enabling the Digital Tomorrow", BATIC 2023 merupakan wujud komitmen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya, Telin dalam mendorong transformasi digital di Indonesia dan regional. Hal ini juga sejalan dengan langkah Telkom yang tengah fokus menggarap segmen Business-to-Business (B2B). Adapun Telin merupakan perpanjangan tangan Telkom untuk bisnis wholesale dan internasional dengan global dan representative offices yang tersebar di 14 negara.

Acara tahunan ini berlangsung selama tiga hari, 6 hingga 8 September 2023. Sekitar 1.000 peserta yang berasal dari 300 perusahaan global dari 40 negara menghadiri BATIC 2023. Ini merupakan penyelenggaraan ke-8 dari kegiatan konferensi internasional telekomunikasi terbesar tersebut.

Di hari pertama BATIC 2023, peserta mengikuti sesi konferensi dan diskusi panel yang berfokus pada strategi pelaku industri dan operator internasional dalam bertransformasi melalui inovasi maupun model bisnis baru untuk memberikan pengalaman digital yang lebih baik.

Konferensi dibuka oleh Senior Managing Director dari Delta Partners, Sam Evans, yang menjadi moderator untuk sesi konferensi hari pertama. Sam Evans menjelaskan terkait transformasi dan inovasi yang sedang berlangsung dalam industri telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.

Selanjutnya, Direktur Group Business Development Telkom, Honesti Basyir, memaparkan tentang strategi Telkom dalam menghadapi evolusi dunia telekomunikasi yang cepat dan dinamis. TelkomGroup telah market leader di Indonesia, namun kita harus melakukan ekspansi bisnis di kawasan untuk dapat memenangkan market yang lebih besar.

"TelkomGroup telah menetapkan strategi Five Bold Moves yang sejalan dengan tren global untuk mengantisipasi kondisi market telco Indonesia dimana layanan legacy yang kian stagnan dan menurun. Fokus strategi tersebut pada digital connectivity, digital platform, digital services. Selain itu, kami juga perlu membangun kerjasama dan sinergi dengan perusahaan lain. Untuk itulah, event BATIC 2023 menjadi momentum yang tepat dan memegang peran yang cukup krusial untuk tercapainya kolaborasi, khususnya dengan pemain telco global," terangnya.

Sedangkan Chief Network Operations & Wholesale Officer, TIM dan Chair dari Global Leader Forum (GLF), Elisabetta Romano, menjelaskan bahwa industri telekomunikasi adalah enabler terbesar untuk mencapai transformasi digital. Para pemain telco perlu membangun infrastruktur yang andal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang dinamis.

Kemudian acara dilanjutkan dengan diskusi panel yang menghadirkan Chief Executive Officer Telin, Budi Satria Dharma Purba, Chief Executive Officer Axiata Group Wholesale, Obaid Rahman, Group Chief Carrier and Wholesale Officer e&, Nabil Baccouche, dan Chief Executive Officer Console Connect oleh PCCW Global, Marc Halbfinger dengan tema "Ensuring Seamless End-to-End Connectivity."

Di sesi ini Budi menyampaikan, dalam menghadapi transformasi digital, kolaborasi merupakan suatu keharusan. Untuk dapat menjawab kebutuhan pelanggan akan konektivitas yang cepat, aman, adaptif, dan terpercaya, perlu diciptakan sebuah platform terbuka sehingga investasi tidak harus ditanggung oleh satu perusahaan saja. "Pada BATIC tahun ini, Telin akan meluncurkan platform digital yang bernama TNeX, sebuah platform terbuka yang memungkinkan solusi konektivitas instan dan on-demand. Hal ini sejalan dengan peran Telin dalam mendukung fokus TelkomGroup terhadap platform dan konektivitas digital," katanya.

Paparan terakhir disampaikan oleh President Asia Pacific & Japan CISCO, Sanjay Kaul yang menjelaskan terkait kiat untuk menjadikan interaksi digital lancar, efisien, dan menyenangkan, sehingga memungkinkan masyarakat mengakses informasi, melakukan transaksi, berkolaborasi, dan berkomunikasi dengan mudah di dunia digital yang semakin saling terhubung.

Konferensi hari pertama ditutup dengan sesi diskusi panel yang diikuti oleh Chief Marketing Officer Telkomsel, Derrick Heng, Head of APAC Zoom, Ricky Kapur, Chief Executive Officer Airtel, Vani Venkatesh, dan Chief Product Officer Vidio.com, Hadikusuma Wahab.

Ada perbedaan di penyelenggaraan tahun lalu, tahun ini, BATIC pertama kalinya menghadirkan agenda Closed-Door Leadership Summit, dimana para pemimpin dari perusahaan-perusahaan global terkemuka berkumpul untuk membahas dampak transformasi digital terhadap industri saat ini dan di masa depan. Pertemuan ini diatur diselenggarakan secara eksklusif, menawarkan forum bagi seluruh peserta C-Level untuk mengambil bagian dalam percakapan yang ekstensif. (tep)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year