telkomsel halo

CIMB Niaga permudah transaksi cross-border untuk WNA di Indonesia

07:14:00 | 09 Aug 2023
CIMB Niaga permudah transaksi cross-border untuk WNA di Indonesia
JAKARTA (IndoTelko) - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengoptimalkan kapabilitasnya sebagai Acquiring Bank untuk memfasilitasi transaksi pembayaran antarnegara (cross-border) bagi Warga Negara Asing (WNA) yang sedang berada di Indonesia.

CIMB Niaga menyediakan jaringan alat penerima transaksi pembayaran yang lengkap seperti mesin Electronic Data Capture (EDC) dan Quick Response (QR) Stiker yang dapat melayani transaksi pembayaran antarnegara (cross-border) menggunakan Kartu Debit, Kartu Kredit, atau QR dari aplikasi perbankan/dompet digital milik WNA yang diterbitkan di negara asalnya.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi mengatakan, CIMB Niaga berkomitmen menghadirkan layanan transaksi pembayaran yang dapat melayani berbagai metode pembayaran secara praktis, cepat, dan aman untuk para WNA seperti wisatawan, pebisnis, karyawan, profesional, dan pelajar yang sedang berkunjung ke Indonesia. Layanan tersebut bisa dinikmati di merchant-merchant mitra CIMB Niaga di berbagai daerah, khususnya area wisata seperti Jakarta, Surabaya, Lombok, Yogyakarta, dan Bali serta wilayah para ekspatriat antara lain Morowali, Sulawesi Tengah.

"Dengan layanan pembayaran antarnegara (cross-border) yang inklusif dan seamless tersebut, para WNA tidak perlu repot menukarkan uang tunai saat membayar/belanja di merchant-merchant pilihannya yang ada di Indonesia. Cukup menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit atau memindai kode QR dari aplikasi perbankan/dompet digital yang dimiliki, maka transaksi akan diproses dan terkonversi otomatis ke dalam rupiah sesuai jumlah yang telah disepakati pengguna dengan merchant," kata Noviady.

Adapun Kartu Debit dan Kartu Kredit yang bisa digunakan untuk transaksi cross-border di jaringan merchant mitra CIMB Niaga yaitu Kartu Debit dan Kartu Kredit berlogo VISA, Mastercard, dan JCB. Sedangkan, untuk transaksi menggunakan QR, saat ini CIMB Niaga dapat menerima dua metode pembayaran.

Pertama, transaksi pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Cross-Border khusus bagi WNA dari Thailand dan Malaysia. Hal ini dimungkinkan seiring kerja sama QRIS cross-border antara Bank Indonesia (BI) dengan Bank of Thailand (BoT) dan Bank Negara Malaysia (BNM) beberapa waktu lalu. CIMB Niaga merupakan salah satu bank pertama yang mengimplementasikan QRIS cross-border tersebut.

Transaksi menggunakan QR yang kedua yaitu QR cross-border untuk WNA dari Tiongkok pengguna dompet digital Wechat Pay dan Alipay. Saat ini CIMB Niaga tercatat sebagai satu-satunya bank di Indonesia yang dapat melayani pembayaran dari dua dompet digital tersebut. Implementasi transaksi ini dapat dilakukan atas kerja sama CIMB Niaga dengan Weixin Pay selaku pemilik aplikasi WeChat Pay dan Alipay.com Co., Ltd selaku pemilik aplikasi Alipay, serta Arash Digital (Jakarta) dan Swiftpass Global Limited (Shenzhen) sebagai technical service provider.

"Kami senang bisa melayani pembayaran cross border bagi para WNA Tiongkok, khususnya wisatawan dan tenaga kerja pengguna Alipay dan WeChat Pay yang tengah berada di Indonesia. Untuk memperluas ketersediaan layanan tersebut, CIMB Niaga akan meningkatkan sosialisasi dan akuisisi merchant, utamanya kepada para penyedia produk dan jasa terkait wisata seperti hotel, restoran, hingga pedagang souvenir," ujar Noviady.

Sebagai informasi, per 30 Juni 2023 pertumbuhan transaksi QR cross-border yang dilayani CIMB Niaga mencapai 242% secara Year-on-Year (YoY) dibandingkan periode yang sama tahun 2022. Sejalan dengan makin luasnya penerimaan pembayaran berbasis QR dan bangkitnya kembali pariwisata di Indonesia, CIMB Niaga optimis transaksi QR cross-border di merchant mitra CIMB Niaga juga akan terus meningkat. Hal ini tentunya akan berkontribusi memberikan devisa bagi Indonesia sekaligus meningkatkan perekonomian bagi masyarakat di daerah wisata.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year