telkomsel halo

Daftar pemenang Turnamen Sains Data Nasional 2022

14:06:32 | 15 Dec 2022
Daftar pemenang Turnamen Sains Data Nasional 2022
JAKARTA (IndoTelko) -- Rangkaian kegiatan Turnamen Sains Data Nasional (TSDN) 2022 yang diselenggarakan mulai tanggal 31 Oktober hingga 1 Desember 2022 masuk dalam puncak pengumuman pemenang. Turnamen Sains Data Nasional 2022 yang merupakan hasil kolaborasi antara Data Academy dengan ASDASI (Asosiasi Data Sains dan AI Indonesia) dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda 2022, kali ini mendapatkan dukungan dari instansi pemerintah, diantaranya Kementrian Kominfo, BNSP, BRIN, BPS DKI Jakarta, Jakarta Satu, Jakarta Open Data, Jabar Digital Service dan Jabar Open Data. Selain itu didukung juga oleh beberapa korporasi yakni, Paragon Corp, Karier.mu, Cybertrend Intrabuana, Lojin Organic Store, LSP Data, Safarindo Internusa dan Good Choice. Tak luput juga dukungan dari para praktisi yang tergabung dalam komunitas ataupun asosiasi seperti, ABDI, AIDI, IdBigData, DSI dan APTIKOM dan tentunya dukungan dari lebih dari 20 universitas ternama di Indonesia.

Momen sumpah pemuda ini menjadi pemacu penting untuk membangkitkan semangat pemuda pada setiap generasinya. Antusias tinggi peserta turnamen ini diperlihatkan dengan jumlah peserta yang meningkat dari tahun sebelumnya. Tahun ini, Turnamen Sains Data Nasional di ikuti oleh 625 Group atau terdata lebih dari 2000 peserta dari 26 provinsi dan dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan umum, mahasiswa, hingga pelajar sekolah menengah atas atau kejuruan yang tertarik dan memiliki minat dalam bidang sains data dan AI. Rangkaian acara turnamen diisi dengan berbagai sharing session hingga penjurian dari para pakar yang berasal dari industri, perguruan tinggi dan pemerintah lalu diakhiri dengan puncak pengumuman pemenang. 

Adapun pengumuman pemenang ini disampaikan oleh perwakilan dari sektor korporasi. Yaitu oleh Bapak Hanan Bahalwan dari Safarindo Internusa, Ibu Mariam Rahmania dari AdMedika, Bapak Rhezandra Priatama dari Karier.mu serta Lutfhy Ardiansyah dari Data Academy. Hadiah untuk para pemenang ternilai cukup fantastis yaitu 150 juta rupiah untuk seluruh hadiah tunai dan 400 juta untuk seluruh hadiah non tunai.

Pada Kategori Pelajar, dimenangkan oleh tim Orbit dari SMKN 4 Bandung, yang disusul oleh pemenang kedua yaitu tim Ikai dari SMK Telkom Jakarta dan Pemenang ke tiga oleh Qazac Legacy dari SMKN 26 Jakarta. Pada Kategori Mahasiswa dimenangkan oleh tim Aiotech dari Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, disusul pemenang kedua oleh tim Semesta dari Universitas Airlangga, Surabaya sedangkan untuk pemenang ke tiga oleh tim Netcore dari Universitas Widyatama Bandung. Pada Kategori Publik pemenang posisi pertama yaitu tim PTR, posisi kedua dimenangkan oleh tim Noni dan posisi ketiga dimenangkan oleh tim Niomata.

Acara pengumuman final diakhiri dengan pengumuman pemenang pertama oleh Luthfy Ardiansyah selaku CEO Data Academy, Beliau menutup acara dengan mengucapkan terima kasih dan selamat kepada para peserta dan pemenang yang telah mengikuti Turnamen Sains Data Nasional 2022. “Berbagai aktivitas di bidang sains dan Data AI telah dilakukan para peserta dan pendamping hampir satu bulan penuh. Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang dan terima kasih atas antusias, kerja keras serta kreatifitas yang luar biasa baik untuk TSDN 2022 maupun Pembangunan dan Kemajuan Data Science secara nasional. Kegiatan ini diharapkan akan menjadi agenda rutin nasional untuk terus menciptakan bibit unggul dalam bidang sains data dan AI. Hasil yang di luar perkiraan juga menjadi catatan luar biasa terutama pada kategori pelajar yang sudah sampai pada tingkat AI” ujarnya. 

Pendiri ASDASI, Bambang Heru Tjahjono juga mengungkapkan rasa syukurnya karena banyak generasi muda yang tertarik dengan data AI dan sains, yang diharapkan akan munculnya pemuda dan pemudi yang sadar akan penguasaan, pengolahan data sains dan teknologi. Sehingga dapat mendorong dan mewujudkan kemajuan dan kebangkitan ekonomi di Indonesia. 

Data Academy, sebagai penyelenggara dan sponsor utama TSDN 2022, merupakan pusat studi untuk para profesional di bidang data sains dan artificial intelligence (AI). Data Academy bersinergi dengan institusi edukasi, industri, pemerintahan dan komunitas membangun keterampilan di bidang Data Science dan Artificial Intelligence (AI). 

Rangkaian acara penutupan Turnamen Sains Data Nasional 2022 ini juga diisi dengan ucapan selamat yang dilakukan oleh pendamping tamu yang memberikan harapan dan pandangan tentang perkembangan sains data dan Ai serta harapan penyelengaraan Turnamen Sains Data Nasional di 2023. Dari terselenggarakanya Turnamen Sains Data Nasional 2022 ini dapat berdampak baik pada kemajuan teknologi serta talenta yang mumpuni sehingga terwujudnya kebangkitan ekonomi nasional pada tahun mendatang.

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year