Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Kominfo manfaatkan Big Data SFR untuk transformasi digital

09:23:53 | 12 Nov 2019
Kominfo manfaatkan Big Data SFR untuk transformasi digital
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko)  - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) mengkaji pemanfaatan data spektrum frekuensi radio (SFR) dalam mendukung transformasi digital dan peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis data (smart service) serta open data

Direktur Operasi Sumber Daya, Ditjen SDPII Kementerian Kominfo, Dwi Handoko mengungkapkan Ditjen SDPPI memiliki banyak data, seperti Izin Stasiun Radio (ISR), hasil monitoring UPT, sertifikat dan juga monitoring perangkat, pengujian, dan sebagainya.

"Data-data itu selama ini hanya dimanfaatkan untuk kepentingan perizinan. Ada paradigma baru terkait pemanfaatan spektrum frekuensi radio. Di beberapa negara sudah mulai membuka data spektrumnya kepada masyarakat untuk bisa dimanfatkan lebih jauh,” papar Dwi Handoko.

Beberapa waktu lalu, Direktur Operasi Sumber Daya mengikuti rapat kerja dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Mengutip perwakilan DPR, Dwi mengatakan Indonesia punya prioritas daerah pariwisata, tetapi kualitas komunikasi kurang dalam arti jangkauan telekomunikasinya baru satu operator atau masih 2G. “Bagaimana daerah mau berkembang jika komunikasinya kurang baik,” kata Dwi mengutip pernyataan anggota dewan.

Data terkait dengan spektrum tidak sekadar dimanfaatkan untuk proses perizinan, tapi juga bisa untuk ke sektor-sektor yang lain. Informasi terkait data yang bisa diakses masyarakat umum pada situs resmi Ditjen SDPPI, antara lain Peta Wilayah Layanan Masterplan TV Digital, Peta Okupansi dan Kepadatan ISR Microwave Link, Peta ISR Microwave Link dan Korelasinya Terhadap PDRB, serta Data ISR Coast Station di Sekitar Pelabuhan Perikanan.

“Sekarang kita sudah membuka data dengan nama SDPPI Maps pada situs resmi Ditjen SDPPI yang bisa dilihat pada halaman utama,” ujar Dwi.(wn) 

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma