telkomsel halo

Bisnis logistik bangkit berkat eCommerce

05:04:08 | 19 Aug 2019
Bisnis logistik bangkit berkat eCommerce
JAKARTA (IndoTelko) - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai bisnis logistik mengalami kebangkitan berkat kehadiran eCommerce.

"Sejak 2018 Indonesia sedang mengalami era kebangkitan industri logistik. Kami prediksi bisnis logistik tanah air terus mengalami peningkatan pada tahun-tahun mendatang," ungkap  Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perhubungan, Carmelita Hartoto, belum lama ini.

Mengutip data Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress Indonesia (Asperindo), tahun 2017, kapitalisasi jasa kurir sudah menyentuh angka Rp 50 triliun. Tiap tahunnya, tumbuh di kisaran 10-15 tahun. Otomatis, angka tersebut turut mempengaruhi Logistics Performance Index (LPI) atau Indeks Performa Logistik yang dikeluarkan oleh Bank Dunia.

Dengan melibatkan beberapa komponen penilaian seperti bea cukai (customs), infrastruktur (infrastructure), pengiriman internasional (international shipments), kompetensi logistik (logistics competence), ketepatan waktu (timeliness) serta pelacakan dan pencatatan (tracking and tracing), Indonesia berhasil meraih peringkat ke-46 dengan skor 3.15 pada 2018. Ini merupakan sebuah prestasi karena di tahun sebelumnya Indonesia hanya mampu bertengger di peringkat 63 dunia.

Sementara Asoosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) mengungkapkan 56% total pengguna internet di Indonesia belum pernah melakukan transaksi belanja online atau via marketplace. Sebabnya, selain faktor ongkos kirim yang lumayan tinggi, bahkan terkadang lebih mahal dari produk, barang tidak sampai, jaminan keamanan serta ketidakpastian barang sampai.

“Industri logistik adalah tonggak bisnis e-commerce. Keberadaannya kini tak bisa dipisahkan dari gaya hidup dalam bertransaksi digital sehingga penting bagi masyarakat untuk mengenalnya lebih dekat,” papar Ketua Umum idEA Ignatius Untung.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year