Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

PSN percayakan pembuatan SATRIA kepada Thales

05:10:13 | 24 Apr 2019
PSN percayakan pembuatan SATRIA kepada Thales
Suasana pengetesan satelit di pabrik Thales.(dok)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko)- PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) mengungkapkan manufaktur asal Eropa, Thales Alenia Space (Thales) dipercaya untuk membangun Satelit Indonesia Raya (SATRIA).

"Kita akan pakai manufaktur Thales. Untuk peluncurnya antara Ariane Space atau SpaceX," ungkap Director of Technology Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Dani Indra Widjanarko, kepada IndoTelko kemarin.

Asal tahu saja, PSN adalah bagian dari konsorsium yang memenangkan tender SATRIA sebagai Pemenang Lelang Pengadaan Badan Usaha Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Satelit Multifungsi Pemerintah.

SATRIA adalah proyek High Throughput Satellite (HTS) yang digelar Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Anggota konsorsium ini adalah  PT Pintar Nusantara Sejahtera, PT Pasifik Satelit Nusantara, PT Dian Semesta Sentosa, dan PT Nusatara Satelit Sejahtera.

Rencananya satelit ini akan bermain di KA Band dengan kapasitas 100-150 Gbps menempati slot orbit 146 Bujur Timur.

Dani menjelaskan, konsorsium PSN menjadi pemenang dalam tender itu karena sudah lama mempersiapkan diri. "Desain yang kita tawarkan adalah desain yang sudah matang," katanya. (Baca: Tender SATRIA)

Telkom Marketing 2
Diungkapkannya, tadinya pada 2016 PSN mempersiapkan satelit Nusantara Tiga. Namun, karena ada SATRIA, proyek satelit Nusantara Tiga yang kebetulan pasarnya sangat beririsan dibelokkan untuk menang di lelang tersebut.

Satelit multifungsi atau dikenal High Throughput Satellite (HTS) akan melayani 149.400 lokasi layanan terdiri atas sekitar 93.900 sekolah, 47.900 kantor pemerintahan, 3.900 kantor polisi/TNI, dan 3.700 Puskesmas dengan kecepatan akses internet 30 Mbps. Kapasitas yang diharapkan dari satelit ini adalah 150 Gbps untuk seluruh Indonesia.

Angkasa Pura 2
Dalam surat yang ditandatangani Ketua Panitia Pengadaan Badan Usaha Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha Satelit Multifungsi Pemerintah, R. Sri Sanggrama Aradea dinyatakan konsorsium PSN menjadi pemenang dengan total nilai penawaran selama 15 tahun, untuk dua mata uang USD (Dolar Amerika Serikat) dan Rupiah : Rp 20.708.944.521.000, tidak termasuk Biaya BHP Frekuensi dan PPN.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
pollingkabinetjokowi.jpeg
More Stories
telkom sigma